3 Fungsi KOL Manajemen yang Harus Diketahui Pebisnis!

Key Opinion Leader atau KOL dapat membantu mengembangkan bisnismu melalui kampanye dan pengaruh yang mereka miliki. KOL manajemen bertugas mengidentifikasi, memetakan, merencanakan, dan melibatkan KOL dalam berbagai aspek pemasaran. Semua itu demi kelancaran kampanye bagi perusahaan dan KOL. Lalu apa saja fungsi KOL manajemen? Mari kita bahas satu per satu!

Ketahui apa itu KOL manajemen di sini.

Mengenali Audiens KOL

KOL manajemen dapat membantu perusahaan dalam mengenali audiens yang dimiliki seorang KOL. Dengan demikian, perusahaan dapat mengetahui seberapa cocok KOL dengan target pasar perusahaan. Jika keduanya sesuai maka perusahaan dapat memilih KOL untuk bekerja sama. Kampanye pun dapat berjalan tepat sasaran!

Mengetahui Followers dan Tingkat Engagement KOL

Jumlah followers menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan karena mempengaruhi brand awareness di masyarakat. KOL manajemen juga dapat membantu memfilter pengikut KOL sehingga mendapatkan konsumen yang real. Tingkat engagement ini sangat penting untuk konten marketing perusahaan melalui seorang KOL.

Memahami Relevansi KOL dan Brand

KOL manajemen berfungsi pula untuk mendapatkan latar belakang KOL sesuai dengan brand dan fokus konten dari KOL tersebut. Dengan demikian, konten yang diberikan perusahaan pada KOL dapat sesuai dengan audiens KOL. Hal ini tentu dapat meningkatkan brand awareness pada konsumen.

Baca juga manfaat KOL manajemen di sini!

Itu dia tugas dan fungsi KOL manajemen. Kehadiran KOL manajemen tentu mempermudah kinerja perusahaan. Branding dan kampanye pun dapat berjalan dengan maksimal. Produk jadi bisa dipasarkan dengan baik bukan?

Bagikan