KOL : 3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

KOL Key Opinion Leader
Sumber : Unsplash.com

Media digital saat ini semakin dibutuhkan dalam berbagai aspek bisnis. Salah satunya dalam kegiatan pemasaran yang kini tidak hanya dilakukan secara konvensional. Seiring berkembangnya pemasaran digital, muncul pula berbagai teknik yang digunakan untuk menarik minat masyarakat. Banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan pengaruh seorang influencer untuk mendapatkan hati user. Tidak hanya influencer, Key Opinion Leader juga menjadi salah satu teknik menarik user. Mungkin akan muncul pertanyaan seperti apa itu dan siapa Key Opinion Leader atau yang lebih dikenal sebagai KOL? Bagaimana kinerja mereka dalam masyarakat? Untuk mengetahui lebih lanjut, baca terus artikel ini ya!

Baca lebih lanjut tentang digital marketing disini

Apa itu KOL?

KOL adalah seseorang yang memiliki keahlian berupa pengetahuan maupun kemampuan yang membuat mereka didengar oleh masyarakat. Pada dasarnya, baik KOL maupun influencer memiliki pengaruh yang besar terhadap pengikutnya. Namun, KOL sendiri memiliki pengaruh karena mereka memiliki profesi di bidang tersebut sehingga pendapatnya lebih kredibel.

Siapa saja yang bisa disebut sebagai KOL?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, KOL adalah orang yang memiliki profesi dan berpengaruh di bidangnya. Mereka memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan yang nyata dan mendalam melalui profesinya. Hal ini membuat mereka lebih dipercaya oleh user apabila berkaitan dengan bidang mereka. Misalnya saja seorang Make Up Artist terkenal yang menggunakan produk tertentu. Tentunya user akan lebih mempercayai rekomendasi sang Make Up Artist dibandingkan orang lain. Seperti halnya dengan dokter yang merekomendasikan suplemen tertentu. Sudah dapat dipastikan pendapat dokter tersebut akan lebih dipertimbangkan oleh user. Kamu juga seperti itu kan?

Bagaimana sistem kerjanya?

KOL sebagai seorang leader yang berpengaruh di masyarakat tentu dapat menggiring opini user untuk membeli atau menggunakan brand tertentu. Mereka akan mempromosikan brandbrand yang sesuai dan mencerminkan keahlian mereka. Promosi tersebut tidak hanya dilakukan langsung namun juga dapat dilakukan melalui dunia maya. Promosi secara langsung dapat dilakukan melalui televisi, seminar, dan kegiatan lain yang sejalan dengan profesinya. Melalui promosi tersebut, brand awareness tersampaikan dengan lebih mudah dan cepat ke user. Tidak hanya mampu menyebarkan awareness, mereka juga dapat membangun dan mengangkat citra sebuah brand di mata masyarakat.

Sistem kerja KOL dengan brand sendiri harus disesuaikan dengan target yang dituju. Setelah menentukan KOL yang sesuai, brand akan mulai bekerja sama. Kerja sama dapat berupa kampanye dengan konten yang sudah disediakan. Media kampanye pun beragam seperti Facebook, Instagram, dan sosial media lainnya. Pesan kampanye juga harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian user.

Selain meningkatkan pemahaman terhadap brand, apa yang KOL promosikan untuk perusahaan akan dianggap positif oleh masyarakat. Oleh karena itu, fungsi mereka juga dapat meningkatkan kredibilitas brand di mata masyarakat. Melalui bantuan mereka, bisnis juga dapat berkembang dan memiliki produktivitas yang maksimal.

Nah, sekarang mari kita simpulkan! Melalui artikel ini kamu sudah mengetahui 3 hal mendasar mengenai KOL. Mereka tentu memiliki dampak dan kemampuan yang luar biasa dalam mempengaruhi user, memberikan citra yang baik, dan membuat proses pemasaran lebih efektif. Hal-hal ini membuat banyak pemilik bisnis mempertimbangkan untuk lebih memanfaatkan jasa KOL. Apakah kamu tertarik bekerjasama dengan mereka? Pastikan KOL yang dipilih sesuai dengan brandmu sehingga lebih tepat sasaran!

Bagikan