5 Cara Menaikkan Kesadaran Merk Minim Biaya

 

Kesadaran merk

Kesadaran merk? apa sih itu?. Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama Google, Odol, hingga Indomie bukan? Merek-merek di atas menjadi tanda keberhasilan kesadaran merk atau brand awareness di kalangan masyarakat. 

Pasalnya meskipun yang kamu maksud bukan merek di atas, tetapi merek tersebut sudah melekat ketika menyebut sebuah barang, seperti halnya Odol sebagai merek pasta gigi. Hal tersebut merupakan pengaruh dari brand awareness yang akan kita bahas. 

Untuk menghadirkan sebuah brand awareness, tak jarang perusahaan memanfaatkan berbagai platform atau media sosial yang kini menjadi daya tarik masyarakat seperti halnya Instagram, Facebook, serta Tiktok.

Platform media sosial ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merk tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Selain media sosial, ternyata masih banyak cara hemat biaya yang bisa membuat produk barang maupun jasa kamu semakin dikenal oleh banyak orang. Nah ini dia beberapa cara menaikkan kesadaran merk dengan biaya yang murah.

Increase Kesadaran Merk atau Brand Awareness Dengan Freemium

Kesadaran merk atau brand awareness

Sesuai dengan namanya, Freemium termasuk dalam model promosi dengan memberi kesempatan bagi pengguna untuk bisa mencoba layanan secara gratis. 

Selanjutnya, jika pengguna tertarik dengan layanan yang disajikan, mereka bisa meningkatkan layanan serta menggunakan berbagai  fitur tambahan dengan membayar lebih.

Platform Spotify dan Wattpad menjadi salah satu perusahaan yang menerapkan cara freemium ini dalam meningkatkan brand awareness mereka. Selain bisa meningkatkan brand awareness, cara yang satu ini juga bisa menambah pemasukan perusahaan melalui iklan yang disajikan.

Membuat logo dan tagline yang unik

Logo dan tagline menjadi salah satu aspek yang harus dimiliki oleh suatu produk, jika produk kamu memiliki logo dan tagline yang unik, produk kamu akan mudah dikenali oleh banyak orang. 

Tak jarang banyak perusahaan yang kini berlomba-lomba dalam membuat logo dan tagline yang unik, baik dalam bentuk poster, produk, website, hingga media sosial. Nah, sebagai tips, kamu bisa membuat logo dan tagline yang sederhana dan unik agar mudah diingat oleh konsumen. 

Pastikan juga logo dan tagline yang kamu buat sudah merepresentasikan merek. Dengan begitu, konsumen bisa dengan mudah mengingat merek yang kamu buat.

Membuat website perusahaan

Kesadaran merk

Salah satu cara terpenting dalam meningkatkan brand awareness dengan budget minim adalah membuat sebuah website perusahaan. Website ini tentunya akan mempersempit jarak antara konsumen dengan layanan atau produk yang kamu tawarkan. 

Kamu hanya perlu meningkatkan strategi optimasi mesin pencari (SEO). Dengan SEO yang kuat website-mu  bisa muncul dalam hasil pencarian teratas ketika konsumen melakukan riset terhadap jenis produk yang kamu produksi. 

Dengan melakukan strategi seperti menggunakan volume pencarian yang tinggi, kata kunci persaingan yang lebih rendah serta pengalaman pengguna (UX), website-mu bisa dengan mudah muncul di hasil pencarian konsumen. 

Mengikuti event-event

Kesadaran merk

Dalam event-event ini kamu bisa melakukan pendekatan dengan calon konsumen sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengenal tentang merek yang kamu produksi. 

Biasanya, event-event ini juga dihadiri oleh banyak kalangan dengan biaya yang relatif murah, sehingga dengan menghadiri berbagai event, masyarakat bisa mengenal merek yang kamu produksi secara langsung.

Selain itu, event ini juga bisa membantu memahami seluk-beluk pasar, tempat promosi produk serta menciptakan koneksi. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi seputar strategi dan hubungan layanan lewat event ini.

Tingkatkan Kesadaran Merk Dengan Review pelanggan

Seperti yang kita tau, review atau penilaian dari seorang konsumen kini mempengaruhi keputusan calon konsumen sebelum membeli sebuah produk. Hal ini menjadi alasan mengapa review pelanggan menjadi  penting untuk meningkatkan brand awareness.

Melalui review pelanggan ini, calon konsumen dapat mengetahui apakah barang tersebut layak untuk dibeli atau sebaliknya.  Kamu juga dapat memberikan loyalty program kepada pelanggan yang telah membagikan ulasannya.

Loyalty program ini menjadi pilihan bagi bisnis online yang memiliki website pribadi dan biasanya berbentuk poin-poin seperti diskon serta gratis ongkir.

Dengan cara yang satu ini, konsumen akan terus membeli produk dengan poin yang mereka dapat, sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan lain tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesadaran merk produk kamu. Jadi, mau pakai cara yang mana nih?

Baca juga: Tips Cara Iklan PPC dalam Dunia Digital Marketing di sini

Bagikan