5 Fitur Baru iOS 16 yang Mempermudah Pekerjaanmu!

5 Fitur Baru ioS 16
Sumber : Unsplash.com

iPhone baru-baru ini meluncurkan iOS terbaru dengan beragam fitur baru. Terdapat setidaknya lima fitur baru yang menjadi unggulan iPhone. Apple mengumumkan peluncuran ini melalui Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022. iOS terbaru ini adalah iOS 16 yang rencananya akan dirilis pada musim gugur ini. Namun sayangnya iOS seri terbaru ini hanya bisa digunakan minimal pada iPhone 8. Pembaruan software Apple sendiri terbilang cukup lama. Hal ini apabila dibandingkan dengan perangkat Android yang mendapat pembaruan sistem keamanan hingga lima tahun. Fitur apa saja yang ditawarkan iOS 16? Mari kita bahas pada artikel ini!

Lock Screen

Pada iOS 16, lock screen dibuat menjadi lebih personal. Pengguna dapat mengkustomisasi lock screen dengan beragam widget, wallpaper, hingga jenis huruf. Apple juga memindahkan notifikasi ke bagian bawah. Notifikasi di bagian bawah tentu memudahkan kamu untuk menggunakan iPhone dengan satu tangan. Lock screen pada iOS 16 juga dilengkapi dengan Live Activities yang menggabungkan notifikasi dan widget. Live Activities ini memungkinkan pengguna mendapatkan informasi secara langsung. Fitur ini sangat berguna agar kamu tidak ketinggalan notifikasi dari bos!

iMessages

Fitur pesan pada iOS 16 memungkinkan pengguna untuk melakukan edit dan pembatalan pesan. Edit pesan juga dapat dilakukan sekalipun pesan tersebut sudah terkirim. Pesan terkirim yang sudah diedit akan muncul keterangan kecil bertuliskan “diedit” di bagian bawah pesan. Terdapat pula fitur SharePlay pada iMessages. Fitur SharePlay ini membuat kamu bisa tetap berkirim pesan sembari menonton video. Tentu fitur iMessages ini akan memudahkanmu dalam bekerja, terutama untuk mengedit pesan-pesan penting. 

Apple Maps

Fitur maps di iOS 16 juga akan mendapatkan pembaruan. Pengguna dapat membuat perencanaan perjalanan dengan 15 pemberhentian berbeda dalam satu perjalanan. Tidak hanya itu, perjalanan dengan maps juga dapat dibagikan dari Mac ke iPhone. Kamu dapat pula melihat perkiraan tarif transit dan menambahkan pembayaran ke kartu dari Apple Maps. Nah, fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang sering melakukan perjalanan dinas. Fitur ini tentu sangat memudahkanmu untuk merencanakan hingga membayar biaya perjalanan dinasmu!

Mail

Pada iOS 16, pengguna bisa menjadwalkan pengiriman surel dan diberi waktu untuk membatalkannya. Pembaharuan pada fitur mail juga memungkinkan mail mendeteksi bagian yang kurang pada surel seperti lampiran. Pengguna juga dapat memunculkan pesan melalui fitur Remind Later. Terdapat pula fitur Follow Up untuk menindaklanjuti surel yang belum ditanggapi. Pengguna bahkan dapat melihat data seperti email, kontak, hingga tautan sebelum mencari surel. Dengan fitur Follow Up kamu tidak perlu khawatir apabila lupa merespon surel pekerjaan!

Berbagi Foto Melalui iCloud

iOS 16 menghadirkan pula fitur berbagi foto melalui iCloud. iCloud Shared Photo Library memudahkanmu untuk membagikan perpustakaan iCloud pada 6 pengguna sekaligus. Kamu dapat membagikan foto dari perpustakaan pribadimu atau berdasarkan tanggal hingga orang-orang yang terdapat di foto. Pengiriman bisa dilakukan otomatis menggunakan tombol baru di aplikasi kamera. Kamu dapat membagikan foto-foto penting terkait pekerjaan dengan lebih mudah bukan?

Itu dia beberapa fitur baru yang ditawarkan iOS 16. Fitur-fitur tersebut tentu sangat membantu kamu dalam bekerja. Kamu tidak perlu lagi khawatir apabila ada surel hingga notifikasi yang terlewat, merencanakan perjalanan hingga berbagi dokumen foto dengan mudah. Apakah kamu tertarik untuk update ke iOS 16?

Kamu juga bisa baca artikel ini untuk perluas wawasan bisnismu!

Bagikan