5 Ide Strategi Marketing Campaign Ramadhan

ide strategi marketing
longdistancecreator/dokumentasipribadi

Sebagai pelaku bisnis, tentunya akan selalu dituntut untuk memikirkan atau membuat strategi marketing yang cocok guna menaikkan brand awareness oleh target market kita. Salah satu strategi marketing yang bisa dilakukan adalah membuat campaign. Strategi marketing campaign dapat dilakukan dengan memanfaatkan momen-momen tertentu, salah satunya bulan suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan kerap kali dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk meraup keuntungan atau profit lebih dalam berbisnis. Dilansir dari Exabytes, hal ini disebabkan karena perilaku konsumen saat Ramadhan ini berubah-ubah. Lebih tepatnya akan menjadi lebih konsumtif daripada biasanya. Lantas, apa saja ide campaign Ramadhan yang bisa dilakukan? Yuk, simak pembahasan berikut.

1. Campaign Fashion Ramadhan

Ide campaign Ramadhan pertama yang dapat dilakukan adalah campaign fashion Ramadhan. Campaign yang pertama ini dapat dilakukan jika Anda memiliki usaha atau menjual produk fashion busana Muslim atau Muslimah.

Anda dapat mengaplikasikan campaign fashion Ramadhan ini dengan membuat video seperti tutorial penggunaan hijab, konten islami atau religi dengan menggunakan produk yang anda tawarkan ke target market dan dapat juga dalam bentuk konten video memadukan pakaian yang pas atau terlihat serasi untuk lebaran atau Hari Raya Idul Fitri nantinya.

2. Campaign Kuliner untuk Santap Sahur dan Berbuka Puasa

Ide campaign Ramadhan yang kedua ini terbilang akan sangat menarik perhatian bagi audiens atau target market. Hal ini disebabkan karena waktu sahur dan berbuka puasa sangat penting di bulan Ramadhan.

Campaign ini dapat diaplikasikan dengan membuat suatu konten makanan lezat dan sehat untuk santap sahur dan berbuka puasa. Tujuan dari campaign ini adalah untuk meningkatkan Brand Awareness dan interaksi dari audiens ke pelaku bisnis atau usaha.

3. Campaign Jingle Ramadhan

Membuat jingle untuk campaign Ramadhan memang terbilang tidak cukup mudah tetapi juga tidak terlalu sulit. Membuat jingle khusus sebagai bentuk dari campaign Ramadhan terbukti berhasil meningkatkan Brand Awareness. Khalayak atau audiens akan lebih mudah mengingat brand atau usaha yang Anda miliki.

Baca juga :

Teknik Copywriting Ini Bisa Bikin Tingkat Konversi Penjualanmu Meningkat!

5 Cara Menaikkan Kesadaran Merk Minim Biaya

Contoh sukses dari campaign jingle Ramadhan ini dibuktikan dengan brand sirup Marjan yang kerap kali ditunggu iklannya atau menjadi primadona bagi khalayak saat bulan suci Ramadhan. Selain dari brand sirup Marjan, contoh sukses brand yang melakukan atau mengaplikasikan campaign ketiga ini adalah brand biscuit Khong Guan.

4. Campaign Belanja Sambil Bersedekah

Di bulan suci Ramadhan yang berkah ini, selain perilaku konsumtif. orang-orang juga berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dan memperbanyak pahala. Hal ini dapat dijadikan ide atau peluang untuk usaha Anda guna menarik perhatian dari khalayak umum. Tidak ada salahnya jika Anda membuat sebuah strategi marketing campaign belanja sambil bersedekah atau berdonasi untuk sesama.

Contoh pengaplikasian dari campaign ini adalah ketika Anda menawarkan suatu barang dengan harga Rp 100.000,- dibarengi misalnya dengan donasi untuk panti asuhan, berbagi makanan berbuka puasa dengan pekerja di jalan atau bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan sejumlah Rp 10.000.- Ide campaign seperti ini pastinya akan sangat menarik perhatian audiens. Sehingga meningkatnya Brand Awareness dari brand atau usaha yang anda miliki.

5. Campaign Diskon atau Flash Sale Ramadhan

Diskon dan Flash Sale Ramadhan
longdistancecreator/dokumentasipribadi

Ide campaign Ramadhan terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah pemberian diskon atau flash sale. Pemberian diskon dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti potongan harga, cashback ataupun gratis ongkir.

Pemberian diskon potongan harga dapat dilakukan dengan adanya Flash Sale. Tujuan adanya campaign yang terakhir ini adalah untuk mendobrak atau meningkatkan konversi penjualan dari suatu brand atau usaha yang Anda miliki sehingga dapat memaksimalkan momen bulan suci Ramadhan untuk meraup atau menghasilkan profit atau keuntungan lebih bagi brand atau usaha Anda.

Nah, itulah 5 Ide Campaign Ramadhan yang bisa Anda terapkan pada brand atau usaha Anda untuk meningkatkan Brand Awareness dan konversi penjualan brand Anda.

Ingin usaha atau Brand Anda grow up tanpa pusing memikirkan ide atau konsep strategi marketing yang cocok? Segera konsultasikan dengan Long Distance Creator untuk pengembangan bisnis atau brand Anda yang lebih baik!

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email