Perkuat Bisnismu dengan 5 Strategi Merek Ini!

5 Strategi Merek
Sumber : Unsplash.com

Merek dalam bisnis menjadi salah satu hal penting. Semenjak dibuat, merek memerlukan berbagai proses, manajemen, dan strategi untuk terus berkembang. Membangun merek tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Agar dapat menguasai pasar, sebuah merek harus unik dan terus memberikan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Merek yang unik dan inovatif juga berperan meningkatkan peluang dalam menggaet hati konsumen. Lalu apa saja strategi merek untuk memperkuat bisnis? Ini dia jawabannya!

Pelajari juga KOL untuk berbisnis di sini

Perluas Lini Produkmu

Memperluas lini produk sering dilakukan dengan cara menambah varian produk. Strategi ini digunakan untuk memperluas target pasar. Merekmu dapat menyediakan beragam varian produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda. Hal ini tentu juga dapat memperkuat merekmu di tengah masyarakat!

Perluas Merekmu

Strategi lain adalah memperluas merekmu. Apabila kamu sudah memiliki sebuah produk untuk dipasarkan, tidak ada salahnya kamu juga membuat produk lain. Strategi ini dapat digunakan untuk menguasai pasar dengan berbagai produk yang berbeda di bawah satu merek yang sama. Misalnya ketika kamu memiliki produk sabun organik, kamu juga bisa memperluas merekmu dengan membuat shampoo hingga pasta gigi organik. 

Cobalah Strategi Multi-Merek

Selain menambah varian dan produk dalam satu merek yang sama, kamu juga bisa mencoba strategi multi-merek. Kamu dapat membuat merek lain dengan kategori produk yang sama. Strategi ini berguna untuk memenuhi kebutuhan berbagai kalangan konsumen. Misalnya, kamu membuat dua merek pakaian dengan target pasar yang berbeda. Kamu bisa menarget pasar wanita karir dan remaja perempuan melalui dua merek tersebut. 

Buat Merek Baru

Apabila sebelumnya terdapat strategi memperbanyak produk di bawah satu merek yang sama, kamu juga dapat membuat merek baru untuk tiap produk. Cara ini dapat kamu gunakan untuk memperluas kategori produkmu. Misalnya kamu memiliki produk sepatu, kamu dapat meluncurkan produk semir sepatu dengan merek yang berbeda. 

Bekerja Sama dengan Merek Lain

Strategi terakhir adalah menggabungkan dua merek melalui kerja sama. Kamu dapat bekerja sama dan menggaet merek lain yang sudah terkenal. Kamu bisa melakukan strategi ini dengan memberikan penawaran-penawaran tertentu atas kerja sama tersebut. 

Itulah lima buah strategi merek yang bisa kamu praktekkan untuk bisnismu agar lebih terkenal dan dicintai oleh konsumen. Hal ini tentunya juga membutuhkan proses dan strategi yang tepat. Melalui strategi ini kamu bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan beragam variasi produkmu. Strategi ini juga membantu memperluas lini produkmu sehingga dapat menguasai pasar. Jadi, sudahkah kamu terapkan strategi ini pada produkmu? Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnismu ya! 

Bagikan