Mari Membedah 6 Strategi Marketing Apple!

6 Strategi Marketing Apple
Sumber : Unsplash.com

Belakangan Apple telah mengumumkan peluncuran iOS 16 di tahun ini. Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar, produk Apple selalu disambut baik oleh masyarakat. Namun dengan nama besarnya, Apple adalah salah satu perusahaan yang terlihat jarang berpromosi. Apakah Apple sudah tidak memerlukan promosi? Tentu mereka tetap memerlukan promosi namun dengan cara yang berbeda. Sekarang mari kita bedah strategi marketing Apple di artikel ini!

Cari tau target pasar Apple di sini.

Fokus pada Keunikan

Pertama, Apple sangat fokus pada keunikan yang dimiliki. Penyimpanan yang besar, kamera bagus, hingga desain yang khas menjadi beberapa keunikan produk Apple. Dengan keunikan-keunikan tersebut, Apple menjadi produk yang digandrungi. Apple pun tidak perlu lagi pusing-pusing bersaing perkara harga. Konsumen tetap mau membeli produk mereka dengan keunikan yang ditawarkan tanpa perlu kompromi tentang harga. 

Terus Berinovasi

Strategi kedua adalah inovasi yang tiada henti. Apple terus berinovasi pada produk-produknya. Inovasi ini menjadi kunci keberhasilan Apple. Bayangkan, dalam satu seri iPhone, Apple bisa meluncurkan hingga tiga model berbeda. Dengan inovasi-inovasi tersebut, konsumen terus menerus mengikuti perkembangan produk Apple. Hal ini membantu Apple bertahan di tengah persaingan ketat di dunia teknologi. 

Branding yang Baik

Ketiga, Apple memiliki strategi branding yang baik. Nama dan logo merek hingga slogan yang mudah diingat membuat Apple dikenal luas. Kamu bahkan bisa membayangkan logonya hanya dengan mendengar merek Apple bukan? Melalui identitas tersebut, Apple membawa pesan bahwa teknologi canggih tetap mudah digunakan. 

Mendengarkan Pelanggan

Keempat, Apple selalu hadir dengan membawa solusi dari permasalahan konsumen. Apple selalu melakukan uji coba gratis untuk produk yang akan diluncurkan. Testimoni-testimoni dari pelanggan kemudian digunakan oleh Apple untuk meningkatkan kualitas fiturnya. Apple juga menjaga komunikasi dengan pelanggan. Hal ini terlihat dari peluncuran produk pada seminar atau gathering untuk para pelanggan. 

Punya Komunitas Pelanggan

Strategi kelima adalah komunitas pelanggan. Apple terkenal memiliki basis pelanggan setia untuk produk-produknya. Dengan kualitas yang mereka berikan, Apple dapat membangun komunitas pelanggan yang setia. Mereka bahkan mempromosikan produknya lewat pelanggan. Caranya? Sistem dari mulut ke mulut adalah jawabannya. Pengguna akan merekomendasikan kelebihan produk Apple pada orang lain. Merekomendasikan produk Apple yang digunakan juga menambah gengsi pada diri pelanggan. Hal ini dikarenakan mereka menggunakan produk sekelas Apple.

Memberi Pengalaman

Strategi terakhir adalah memberi pelanggan pengalaman yang baik. Apple selalu memberikan kualitas terbaik pada produk-produknya. Hal ini membuat pelanggan merasakan pengalaman yang menyenangkan dengan produk Apple. Mereka dengan senang hati membagikan pengalaman tersebut pada orang lain. Hal itu bisa kamu lihat di internet melalui berbagai macam review dan unboxing produk Apple. Nah, pengalaman yang diberikan Apple juga menjadi sarana promosi mereka lho!

Itulah enam strategi marketing yang diterapkan oleh Apple. Strategi-strategi tersebut terbukti membuat Apple mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitornya. Kuncinya adalah inovasi, kualitas, dan kepuasan konsumen!

Bagikan