8 Cara Meningkatkan Brand Awareness

(unsplash.com/lldo Frazao)

Istilah “Tak kenal maka tak sayang” kini menjadi istilah yang berlaku bagi para pebisnis yang akan melakukan usaha agar dikenal oleh para konsumen. Untuk mengawali sebuah usaha, diperlukan adanya pengenalan diri bahwa kita mempunyai produk atau brand yang akan mengantarkan para konsumen mengenal dan menyukai produk yang ditawarkan. Pebisnis dituntut untuk mempunyai brand awareness yang baik agar bisa dikenali oleh konsumen yang akan melakukan transaksi.

(unsplash.com/tang90246)

Apa itu Brand Awareness?

yuk cari tahu dulu apa itu brand awareness. Secara umum brand awareness yaitu sebuah kemampuan yang dimiliki oleh konsumen atau calon konsumen dalam mengenali produk, jasa atau merek. Oleh karena itu, membangun sebuah brand awareness menjadi hal yang penting untuk memasarkan produk agar mudah dikenali sehingga dapat meningkatkan rating brand tersebut.
Ok, untuk mengetahui cara meningkatkan brand awareness mari kita perhatikan 8 cara yang akan dilakukan pebisnis, sebagai berikut:

1. Menfaatkan Media Promosi Online

Perkembangan teknologi membuat kita yang hidup di zaman modern ini dituntut untuk melakukan berbagai hal secara digital. Memanfaatkan perkembangan teknologi menjadi sangat dibutuhkan seperti media online yang berupa media sosial dan situs lainnya. Saat ini banyak yang dilakukan oleh pebisnis melakukan promosi secara online. Alasannya agar lebih mudah dan mengurangi biaya promosi apabila dilakukan secara online. Selain itu, media promosi online juga lebih dapat menjangkau calon konsumen dengan lingkup yang lebih luas bahkan mendunia. Oleh karena itu, memanfaatkan teknologi dalam melakukan promosi menjadi cara jitu untuk memperluas calon konsumen yang baru.

2. Memanfaatkan Acara Tertentu untuk Sponsor

Event atau acara tertentu cara paling ampuh untuk memasarkan produk atau jasa yang kita tawarkan. Caranya adalah dengan menjadi sponsor atau membuka booth pada acara tersebut. Dengan menjadi sponsor event, brand kita memiliki kesempatan yang sangat besar untuk dapat dikenal banyaknya orang yang menghadiri event tersebut. Meskipun begitu, menjadi sponsor sebuah event terkadang membutuhkan biaya yang tidak kecil. Tapi jangan khawatir, apabila brand kamu sudah siap menjadi sponsor event, kamu dapat memilih event yang sesuai dengan biaya dan target audiens atau customer yang tepat. Di lain itu, menjadi sponsor event adalah salah satu cara yang menarik dan cukup impactful untuk dicoba.

3. Memanfaatkan Influencer

Influencer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk dapat memberikan pengaruh terhadap orang lain dalam membuat keputusan. Adanya brand awareness dibangun untuk mendapat kepercayaan konsumen terhadap brand tersebut. Sedangkan adanya influencer menjadi salah satu cara yang dapat mempengaruhi konsumen untuk ikut mencoba produk yang dipromosikan. Testimoni dari influencer dapat mempengaruhi konsumen, sehingga cara ini dinilai lebih efektif untuk meningkatkan brand awareness bisnismu.

4. Gunakan SEO (Search Engine Optimization) Secara Optimal

SEO (search Engine Optimization) adalah sebuah teknik optimasi website yang dilakukan oleh Google. Bertujuan untuk dapat diminati dan disukai oleh mesin pencari, yang kemudian dapat memperoleh rangking yang bagus. Jika SEO telah disukai oleh website, maka berpeluang menjadi halaman 1 di mesin pencari Google dengan lebih cepat dan mudah. Proses menentukan keyword di mesin pencari perlu diperhatikan karena akan menjadi penentu untuk mendapatkan halaman pertama pencarian di Google. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis sebisa mungkin membuat konten yang unik dan informatif. Tidak hanya itu, daya tarik peminat atau calon customer juga dikarenakan mudahnya mengakses informasi pada halaman pertama pada mesin pencari.

5. Adanya Kerjasama dengan Brand yang Lebih Besar

Jalinan kerja sama yang baik dengan brand yang sudah maju dan besar menjadi peluang bisnis yang sangat baik. Jalinan kerjasama tersebut mampu memberikan rating tinggi. Adanya kolaborasi yang dilakukan dengan brand besar, konsumen akan tertarik untuk melakukan transaksi.

6. Menjaga Kesetiaan Konsumen

Pentingnya menjaga sebuah kesetiaan merupakan salah satu tercapainya kepercayaan konsumen terhadap brand tersebut. Kesetiaan konsumen menjadi hal penting. Konsumen tidak akan menggunakan kembali produk yang digunakan jika tidak sesuai dengan keinginannya. Sesuaikan kualitas produk sehingga dapat memberikan dampak kepuasan dari konsumen dan kepercayaannya. Selain itu, dengan menjaga kualitas juga akan memberikan brand kita kesempatan untuk direkomendasikan dari customer ke calon customer lain.

7. Mempunyai Kemasan yang Mencirikan Brand

Kemasan menjadi cara yang ampuh untuk mempengaruhi konsumen. Kemasan yang unik akan menimbulkan hubungan emosional, sehingga konsumen akan lebih mudah untuk mengenali brand atau produk. Karakteristik brand atau produk juga dapat menjadi ciri khas yang dimiliki oleh brand tersebut.

8. Berikan Tawaran Freemium untuk Konsumen

Ide ini dapat menjadi salah satu cara yang digunakan para pebisnis karena mampu memberikan peningkatan penjualan terhadap brand. Freemium yaitu sebuah model promosi secara gratis menawarkan produk sebagai cara memperkenalkan brand terhadap konsumen. Penggunaan tawaran freemium memungkinkan konsumen yang belum pernah membeli dan mencoba dapat merasakan produk yang akan dibelinya. Akan tetapi ada ketentuan tambahan konsumen yang ingin mendapatkan produk secara gratis. Konsumen harus memberikan informasi terkait produk tersebut di akun media sosial yang konsumen punya.

Dari penjelasan di atas sudah sangat jelas ya, bahwa brand awareness menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rating brand tersebut. menciptakan brand awareness merupakan akses terbaik untuk melakukan pengenalan produk kepada konsumen. Pebisnis harus bisa memanfaatkan peluang yang ada seperti pada perkembangan zaman yang semakin maju dan modern.

Bagikan