Apa itu Digital Marketing dan Mengapa Penting

Dunia marketing atau pemasaran terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Di era yang serba digital ini tentunya pemasaran bisnis pun juga dapat dilakukan secara digital yang disebut dengan Digital Marketing. Nah yuk, kita berkenalan dulu dengan digital marketing dan mencari tahu pentingnya penggunaan Digital Marketing di era saat ini.

Baca juga: 5 strategi ampuh digital marketing disini

Apa itu Digital Marketing

Digital Marketing adalah segala bentuk usaha pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik. Digital Marketing biasanya memanfaatkan search engines, media sosial, e-mail, dan jaringan-jaringan lain agar terhubung dengan customer maupun calon customer

Pentingnya Digital Marketing

Beberapa hal ini merupakan faktor mengapa kita harus memanfaatkan Digital Marketing dalam berbisnis:

Customer Menghabiskan Waktunya dengan Internet

Digital marketing. Pengguna media sosial seluruh dunia
Hasil Riset Penggunaan Media Sosial di Seluruh Dunia

Berdasarkan hasil riset dari We Are Social dan Hootsuite, pengguna media sosial pada awal tahun 2021 hampir mencapai 4,2 miliar pengguna. Sedangkan laporan “The State of Mobile” oleh App Annie menyatakan bahwa orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggunakan seluler daripada menonton TV. Untuk itu, dengan memanfaatkan Digital Marketing kita dapat menawarkan produk atau jasa bisnis kita di tempat dimana customer lebih banyak menghabiskan waktu.

Jangan Mau Kalah dengan Kompetitor

Percaya atau tidak, kompetitor bisnis kita juga memanfaatkan Digital Marketing lho. Mulai dari membuat profil bisnis, website dengan SEO (Search Engine Optimization), hingga iklan digital berbayar untuk menjangkau lebih banyak audience. Kalau kompetitor kita dapat melakukannya, kita juga pasti bisa dong.

“I looked at my competitors and I thought that, If they could do it, I could do it. And if they are popular and doing well, I could compete with them.” 

Tommy Hilfiger, Fashion Designer

Biaya Lebih Terjangkau dan Cepat

Biaya pemasaran jauh lebih terjangkau daripada metode pemasaran lainnya. Hal ini dapat disesuaikan dengan target audience maupun kebutuhan. Selain itu, pemasaran juga langsung dapat diproses secepat mungkin sampai ke target audience.

Lebih Mudah Membangun Trust

Dengan Digital Marketing, kita juga dapat berinteraksi dengan customer dan calon customer. Seperti memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat, berkomunikasi langsung melalui komentar, direct message, polling, dan lain sebagainya. Customer dan calon customer juga dapat lebih mengenal brand bisnis kita melalui profile bisnis. Review dari customer sebelumnya juga dapat membantu personal brand bisnis kita untuk lebih mendapatkan trust dari calon customer.

Sekarang sudah tahu dong apa itu Digital Marketing dan pentingnya untuk kelangsungan bisnis di era saat ini. Mungkin awalnya terdengar menakutkan untuk dicoba. Tetapi dengan mempelajari Digital Marketing, kita dapat lebih mengembangkan potensi bisnis kita untuk kedepannya. 

Bagikan