Beauty dan Self Care di Pandemi

Minat masyarakat akan kebutuhan estetikanya tidak menurun terlepas dari segala keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi. Seperti work from home, social distancing, dan kewajiban memakai masker. Dilansir dari Google Trends Data, terdapat peningkatan hasil penelusuran untuk bahan spesifik dalam produk kecantikan. Sebagaimana Niacinamide yang meningkat sebesar 135%, penelusuran tentang retinol yang meningkat sebesar 40% serta cara menghilangkan bekas jerawat.  Tidak hanya itu, pandemi juga memunculkan sebuah istilah baru dalam dunia kecantikan yaitu maskne (mask + acne). Maskne merujuk kepada timbulnya jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker dalam durasi yang lama. Dengan munculnya kebiasaan baru di tengah masyarakat, perusahaan perlu mengimbangi perubahan tersebut dengan menimbulkan inovasi dan strategi agar tetap dapat survive dalam pasar dan memenuhi kebutuhan para konsumen.

Fokus Kepada Hero Ingredients

Tingkat kesadaran konsumen mengenai bahan-bahan dalam produk yang mereka gunakan telah semakin meningkat. Mereka kini tidak hanya membeli suatu produk dari solusi dasar yang ditawarkan, tetapi juga menjadikan bahan utamanya sebagai pertimbangan. Olay merupakan suatu produk yang menonjolkan retinol sebagai solusi untuk menurunkan tanda-tanda penuaan dalam produk Regenerist Retinol24-nya. Menonjolkan suatu ingredient tertentu dan mengedukasi konsumen tentangnya dapat menjadi strategi yang baik untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk tersebut.

Baca juga:

Review Year In Search 2020

Menjadi Market Leader

Semenjak adanya pandemi, masyarakat kini beralih menggunakan sumber dari internet untuk menjawab berbagai permasalahannya, dalam hal ini mengenai perawatan pribadi. Menurut Google Trends Data, terdapat peningkatan sebesar 95% dalam penelusuran mengenai cara mewarnai rambut sendiri, 25% tentang cara memotong rambut sendiri, dan juga 50% mengenai cara membuat masker wajah alami. Perusahaan dapat memanfaatkan situasi ini dengan menjadikan brandnya sebagai tempat utama bagi konsumen dalam memecahkan permasalahan yang mereka hadapi. Salah satu brand yang telah menerapkan strategi ini adalah Pepsodent yang menyediakan layanan konsultasi dokter gigi online bagi keluarga yang mempunyai masalah mulut. Strategi ini dapat mengubah image brand dari penyedia solusi menjadi thought leader dalam pasar.

Fokus pada yang Sedang Booming

Pemilik brand harus terus berinovasi dalam memecahkan masalah yang tengah dihadapi konsumen. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan situasi pandemi untuk memunculkan produk baru. Kebiasaan menggunakan masker dapat dijadikan dasar seperti lipstik yang tidak mudah menempel pada kain masker, make-up yang dapat menonjolkan keindahan mata, atau solusi terhadap jerawat yang ditimbulkan masker. 

Perawatan pribadi serta kebutuhan estetika merupakan hal yang terus ada sejak dahulu, namun perubahan merupakan suatu hal yang tidak terelakkan dan dapat menjadi sebuah sarana untuk terus berinovasi. tetap stay up to date serta menerapkan strategi yang unik dan relevan merupakan kunci bagi brand untuk terus bertahan dalam arus zaman yang kerap berganti. 

Telusuri Year In Search 2020, baca selengkapnya disini

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email