Konten yang Paling Dicari di Youtube

Siapa yang tidak kenal YouTube? Situs video online yang berdiri sejak tahun 2005 dan tak pernah disangka bahwa kehadirannya akan terus memuncak seiring berjalannya waktu. Dinyatakan oleh We Are Social, situs YouTube menjadi media sosial yang paling sering diakses dalam rentang waktu sebulan. Secara persentase mencapai 93,8% dari total keseluruhan pengguna di Indonesia. 

Tidak diragukan lagi, situs ini banyak membantu individu maupun kelompok tertentu di berbagai bidang untuk mencapai sasarannya masing-masing melalui unggahan video yang dibagikan. Hingga dewasa modern ini, lonjakan video yang ada di situs tersebut kian hari kian beragam dan para pengguna berlomba-lomba membuat konten unik agar menarik dan bisa viral. Persaingan yang cukup ketat di Youtube sudah bukan hal yang tabu lagi. Maka dari itu, para youtuber tak henti-hentinya terus mencari ide baru atau dobrakan kreativitas agar menarik viewers serta menunjang ketenaran.

Baca juga: Situs Bermanfaat yang Ternyata Jarang Diketahui disini

Tahun demi tahun suatu trend pasti berganti. Gerak pergantian trend dapat dikatakan cukup signifikan hanya dalam hitungan beberapa tahun atau bahkan terjadi dalam bulanan. Begitupun yang juga terjadi pada konten-konten video yang tersebar di YouTube itu sendiri, konten tahun lalu dan tahun sekarang bisa mengalami perubahan sebagaimana di 2021 ini.  Ternyata, bukan konten gaming yang menjadi nomor 1 paling dicari tapi malah unggahan video ini..

Simak 6 konten video yang paling dicari di Youtube.

1. Review Produk

review produk di youtube
YouTube: Be Beautiful

Mungkin beberapa orang menyangka bahwa konten gaming akan menduduki posisi nomor 1 tapi nyatanya, review produk-lah yang kini tengah berada di paling atas. Konten video ini memang sangat bermanfaat untuk para calon konsumen sebelum membeli produk. Dengan menengok ke beberapa referensi tentang produk, viewers menjadi lebih tahu akan plus minus nya sebuah barang/produk. Tak heran kalau konten ini sangat laris di kanal YouTube. 

2. How To

tutorial di youtube
YouTube: Think Media

Jenis konten yang satu ini menampilkan cara-cara dalam melakukan/menggunakan sesuatu. Konten ini juga sering disebut “tutorial” karena fungsinya yang sekaligus dapat mempelajari suatu hal melalui video tersebut. Video-video seperti tutorial selalu mendapati perhatian viewers karena sifatnya yang memang berguna.

3. Game

gaming di youtube
YouTube: Pewdiepie

Seperti yang sudah disebutkan, konten gaming nyatanya bukan menempati posisi pertama tetapi ketiga. Eksistensi konten video gaming memang tidak akan pernah luntur dan ketinggalan zaman sebab sangat bernilai dari sisi hiburan (entertain the viewers). Konten gaming tidak selamanya hanya sekadar hiburan namun belakangan bisa menjadi sarana edukasi, tapi tentunya dengan cara selektif, ya..

4. Wisata

youtube
YouTube: Karimun Tourism

Dulu, untuk memberikan suatu informasi wisata mungkin para pengguna internet akan membagikannya secara tertulis yakni blog atau artikel. Tetapi dengan kemajuan internet, para pengguna mulai memanfatkaan platform lain contohnya YouTube. Dengan memaksimalkan faktor-faktor yang ada, menggungah video informasi wisata ke YouTube menjadi pilihan alternatif yang sangat baik serta memiliki daya tarik tersendiri.

5. Komedi

Bukan Konten Gaming, Tapi Ini yang Paling Dicari di Youtube
YouTube: Indosiar

Tak sedikit para pengguna internet yang mengunggah atau membagikan video-video lucu di media sosial manapun. Konten komedi juga banyak bermunculan di YouTube dan mampu menarik viewers. Stand-Up Komedi, Sketsa maupun cuplikan video pendek, menjadi konten video yang sangat laris dan memiliki peminat yang cukup tinggi. 

6. Vlog

Bukan Konten Gaming, Tapi Ini yang Paling Dicari di Youtube
YouTube: Cathrin Manning

Vlog sempat berada di paling teratas dalam pencarian video YouTube yang paling dicari pada tahun 2020, namun lambat laun bergeser dan sekarang ada di urutan keenam. Konten vlog memang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet aktif. Vlog atau singkatannya Video Blog yang mana isi dari video menunjukan aktivitas keseharian, berbagi cerita atau bisa dikatan seperti reality show. Semua orang sejatinya bisa membuat konten vlog ini tetapi diperlukan ide-ide yang segar maupun out of the box.

Nah, sekian ulasan dari video yang paling dicari di YouTube. Kira-kira tahun depan konten video apa, ya, yang akan mencapai popularitas?

Bagikan