Buku One Million Followers by Brendan Kane

Brendan Kane, sang penulis buku One Million Followers yang sukses meraih 70% bintang lima dari 1.039 global ratings berdasarkan Amazon.com. Buku ini terinspirasi dari kisah pengalamannya sebagai business innovation strategist yang sekaligus motivator. Lalu sebenarnya tak-tik apa yang dibagikan oleh Brendan terkait followers di ranah sosial media?

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai buku One Million Followers, seringkali pengguna internet khususnya user sosial media menginginkan produk / jasa atau akun miliknya dapat dikenal, go viral atau mungkin ekspetasi yang sangat tinggi, go international. Namun ketiga poin itu nampaknya sulit terjadi bila tidak ada followers yang mengikuti dan saling-terus membagi produk yang sedang dipasarkan. Muncul-lah satu pertanyaan dari sekian banyak kueri yakni; Bagaimana menarik hati user lain hingga akhirnya menjadi followers kita yang ikut andil dalam menyebarkan produk yang dipunya?  

Brendon Kane melihat betapa besar dan tingginya harapan di internet dalam segala hal apapun terutama persaingan bisnis yang semakin pesat dan memuncak cepat. Maka dari itu, Kane menulis One Million Followers berdasarkan pengalaman dan rahasia kesuksesannya perihal strategi untuk menggapai audiens secara masif dengan mengembangkan keunikan dari tiap produk/akun serta personal branding secara tepat tujuan dan sasaran.  

Buku Fisik

Secara visual, buku ini terbit pertama kali pada tahun 2018 dan edisi terbaru diluncurkan kembali pada bulan Oktober 2020 lalu. Berisi 256 halaman yang terdiri dari 12 bagian. Sejauh ini, buku One Million Followers belum mengedarkan edisi Bahasa Indonesia akan tetapi meskipun masih dalam bahasa orisinalnya yaitu Bahasa Inggris, gaya bahasa yang dipakai cukup mudah dipahami untuk pembaca pemula maupun dalam penggunaan kosa kata yang tidak terlalu asing jika Anda pembaca aktif Bahasa Asing. 

Konteks

Sebagaimana yang tlah terjabarkan diatas secara singkat, melalui buku One Million Followers, Kane membimbing pengguna sosial media dalam meningkatkan mutu produk demi meraih followers dengan beberapa metodenya. Keproduktifan mempunyai pengaruh yang signifikan untuk mencetak goals yang ingin dicapai. Dalam buku ini Kane membagikan Growth Hacks; for Your Business, Your Message (pesan/ikhtisar) dan Your Brand untuk bisnis Anda di internet.

Baca juga :

Apa Itu Digital Marketing dan Mengapa Penting

5 Strategi Ampuh Social Media Marketing

Pondasi Dalam Meraih 1 Juta Pengikut

Terdapat 3 metode yang tercantum di buku One Million Followers. Berikut poinnya :

Hipotesis : merangkai jenis cerita atau tema apa yang akan melibatkan audiens target Anda

Test : membuat suatu konsep dengan versi murah kemudian pelajari semua yang Anda kuasai tentang apa yang berhasil dan tidak

Pivot : menginventasi lebih lanjut jika hipotesis Anda ternyata benar. Jika sebaliknya, buat ide/tema baru kemudian ulangi prosesnya.

Lakukan 5 Hal Berikut untuk Menarik Audiens

1. Unik, spesifik dan relevan

Sebelum mengeluarkan suatu brand, langkah pertama yang harus dipikirkan secara matang adalah konten yang dibuat. Konten dari tiap brand perlu memiliki karakteristik agar tidak monoton dalam persaingan. Keunikan, spesifik dan relevan akan mempengaruhi sasaran audiens.

2. Logis, humor serta emosional

Tidak hanya unik, namun perlu juga kreatif. Dengan memasuki unsur-unsur logis dan humoris dalam satu konten akan lebih menarik dan mampu memainkan emosi si audiens melalui pesan yang disampaikan.

3. Interaktif, be authentic dan be real

Selanjutnya, ketika sebuah konten berhasil meraih perhatian audiens, alangkah baiknya mulai mencoba untuk komunikatif bersama audiens. Banyaknya fitur-fitur baru yang ada di platform media sosial, bisa digunakan semaksimal mungkin untuk berinteraksi secara aktif bersama audiens. Contohnya: games, ask a question ataupun polling.

4. Kolaborasi dan Partnership

Selain itu, dalam memasarkan suatu brand dibutuhkan terus-menerus dobrakan baru demi memperoleh followers dan menguatkan brand awareness. Salah satu metode yang bisa meningkatkan brand yakni melakukan kolaborasi dengan selebritis/influencer sosial media yang memiliki potensi cukup besar dalam mempromosikan brand Anda. Bekerjasama dengan beberapa kompetitor atau perusahaan yang selaras juga akan berdampak baik bagi brand Anda, sebab satu sama lain akan saling terhubung memajukan brand yang ditawarkan serta menimbulkan hasil positif besar.

5. Shareable Content menjadi #1 paling krusial

Yang terpenting hal terakhir yaitu Shareable Konten, yang mana hal ini selalu dijunjung tinggi oleh Kane sendiri sebab bersifat mudah untuk disebarluaskan. Shareable konten mempunyai peluang lebih besar untuk memasarkan suatu brand karena audiens yang akan membantu proses penyebaran.

Dari Facebook hingga YouTube

Platform sosial media yang paling gampang digunakan dalam menyebarluaskan sebuah brand yakni Facebook. Kane berasumsi bahwa Facebook menjadi tempat yang paling mudah dengan adanya Page Likes menyokong audiens untuk menyukai serta mengikuti Page dari brand Anda. Ranah Facebook juga selalu up-to-date dan trending topics yang selalu bergerak mengikuti alurnya.






Berbanding balik dengan Facebook, YouTube menjadi situs sosial media yang sangat sulit dalam menggapai pertumbuhan followers. Meskipun begitu, jika Anda benar-benar ingin terjun ke YouTube, Kane menyarankan untuk sesering mungkin melakukan kolaborasi sebab hal tersebutlah yang menjadi kunci dalam rapid growth. Selain itu, cobalah menganalisis matrik dengan melihat subscriber, waktu tonton (watch time) juga mengikuti penayangan tergantung pada kebutuhan Anda. 

Postingan Inspiratif

Kane membuktikan bahwa dengan memposting satu buah foto dengan kutipan inspiatif ternyata banyak disukai dan mendapat perhatian yang lebih masif. Dengan menggunakan jenis postingan inspiratif, secara sadar atau tidak sadar brand Anda sudah beresonansi dengan audiens. Maka dari itu, postingan quotes adalah bagian salah satu dari Shareable Content yang pastinya dapat menunjang kepopularitasan tak terduga. 

Instagram: @sellyfatmawati

Tujuan Pemasaran

  • Tingkatkan kesadaran merek Anda
  • Jual produk tertentu
  • Dorong audiens untuk mendaftar
  • Arahkan lintas ke situs web brand

Berdasarkan poin-poin tersebut sangat penting demi mencetak goal untuk brand Anda. Semoga berbuah baik, ya.. jangan lupa baca bukunya juga. Selagi bisa menambah ilmu, kenapa tidak?

Bagikan