Cara Membangun Brand Sejak Awal

Pernahkah Anda berpikir bahwa untuk memulai suatu bisnis dibidang produk/ jasa, brand sangatlah penting. Kenapa? Karena dengan brand produk/ jasa Anda dapat di kenal orang. Untuk membangun sebuah brand tidaklah mudah, agar dapat dikenal oleh masyarakat memerlukan waktu yang cukup panjang. Mau brand produk / jasa Anda cepat di kenal? Anda bisa lho membuat iklan yang menarik dan dapat mengikuti event/ pameran tujuan nya dapat menjangkau calon konsumen dengan cara yang efektif. 

cara membangun brand

Brand adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, layanan, dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan. Anda harus membuat brand Anda dikenal banyak orang, sehingga saat orang membutuhkan sesuatu mereka bisa mengingat brand Anda. 

Apa merek roti yang sering Anda beli? BreadTalk, Holland Bakery, Mr. Bread atau merek lain? Tentunya Anda akan menjawab Sari Roti bukan? Itu tidak salah, karena Sari Roti merupakan brand yang sudah lama dan terkenal. Anda harus serius untuk membuat brand, karena nantinya akan ada dampak langsung pada bisnis Anda sendiri. Mengenal lebih lanjut hal apa saja yang harus Anda perhatikan mengenai brand, kali ini LDC akan membahas nya. 

Baca juga :

Hal yang Perlu Diperhatikan dałam Beriklan di Facebook

Mengenal FOMO dan Kebalikannya JOMO

Menentukan Target Audiens

Jika Anda membangun brand, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melalukan riset terhadap target audiens dan juga kompetitor. Dengan riset ini maka Anda menemukan kompetitor yang sesuai, dimana produk kompetitor Anda menjual mirip dengan produk yang Anda jual. 

Menentukan Fokus dan Karakteristik Brand

Brand Anda bisa memberikan kebutuhan bidang apa dan bisa menghasilkan value apa? Dengan pertanyaan hal inilah dapat menentukan fokus brand Anda. Anda dapat menjelaskan kualitas dan manfaat yang ingin ditawarkan oleh brand Anda. Saat Anda sudah fokus maka Anda Pun dapat segera menciptakan karakteristik brand. Bagaimana brand anda dapat menarik audiens? Apa yang harus dilakukan? Hal inilah yang harus Anda pikirkan dan menentukan brand voice di media sosial. Brand voice adalah cara Anda berbicara dengan pelanggan yang sesuai dengan gaya komunikasi Anda.

Menentukan Nama Brand

Anda bisa membuat nama brand yang unik dan mudah diingat. Tetapi Anda juga harus memperhatikan nama brand Anda tidak bisa ditiru oleh pihak lain. 

Menentukan Slogan dan Design Logo Brand

Anda dapat menciptakan slogan yang menarik, singkat dan deskriptif. Dengan hal ini brand Anda akan dapat mudah dikenali. Untuk brand Anda bisa dikenal maka Anda perlu membuat logo. Dengan logo Anda sedang melakukan pendekatan dengan calon konsumen. Konsumen tentunya akan memperhatikan logo brand nya menarik tidak, mudah diingat tidak, karena inilah konsep logo Anda bisa dibuat minimalis lebih baik. 

Menentukan Gaya dan Penampilan Brand

Pemilihan warna memiliki peranan penting, karena warna dapat meningkatkan pengenalan akan brand. Buatlah tampilan visual yang menarik seperti memilih font dan warna yang nantinya akan menjadi karakteristik utama brand Anda

Kesimpulan nya adalah Anda harus konsisten dengan brand dan membiarkan nya terus berkembang. Untuk mengembangkan brand Anda perlu melakukan interaksi dengan pelanggan untuk meningkatkan engagement. Brand Anda harus memberikan layanan terbaik dan membuat keunggulan dibanding yang lain. 

Bagikan