Cara Mempengaruhi Konsumen terhadap Brand

Unplash.com/lldo Frazao
Mempengaruhi Konsumen dengan Brand

Tingkat kepuasan konsumen akan memberikan dampak pada brand yang kita promosikan. Apabila berhasil dalam mempromosikan brand dan konsumen puas, maka akan ada pembelian ulang. Cara Mempengaruhi Konsumen terhadap Brand sangat perlu dilakukan!

Banyak sekali indikator yang dapat mempengaruhi brand loyalty pada konsumen. Dikarenakan loyalitas brand dibangun untuk memberikan pengaruh kepada konsumen agar memberikan kepercayaannya. 

Unplash.com/s-cphoto
Customer Diagram

Nah.. seperti apa sih cara mempengaruhi konsumen terhadap brand? Mari, ikuti penjelasannya!

1. Kualitas Brand

Kualitas akan selalu berhubungan nilai. Karena harga mahal belum tentu kualitasnya bagus. Oleh karena itu, pebisnis harus berhati-hati dalam menciptakan sebuah brand. Dikarenakan itu semua memiliki nilai bagi konsumen. Untuk mendapatkan hati konsumen maka, berikan kualitas brand yang baik.

2. Hubungan Emosional

Adanya hubungan emosional karena diciptakan bagaimana melakukan komunikasi yang baik. Konsumen akan merasa gembira dan nyaman oleh sebuah brand mereka akan memunculkan rasa emosional untuk tertarik pada brand tersebut. 

Dapat dicontohkan ketika kamu melakukan sharing video promosi yang menarik. Kemudian konsumen merasa tertarik dan suka. Maka, mereka akan langsung kepoin store-mu dan mencari informasi tentang brand kamu. Bisa jadi ini akan ada transaksi setelahnya.

3. Tujuan Brand

Berikan visi dan misi pada brand-mu. Tujuannya agar jelas mau kamu dibawa kemana brand itu. Jadikan tujuan dari brand-mu untuk bisa dinikmati oleh konsumen. Supaya saling tumbuh kepercayaan.

4. Reputasi Brand

Reputasi brand-mu menjadi pengaruh pada loyalitas. Apabila konsumen sudah mendapatkan pengalaman positif dari brand-mu, mereka akan setia pada brand-mu juga. Dikarenakan kepercayaan akan tumbuh sesuai dengan pengalaman terhadap sesuatu itu berpengaruh pada hidup.

Unplash.com/designer491
Brand community concept

Selanjutnya ketika konsumen sudah terpengaruh maka sesuai dengan penjelasan di buku Brand Marketing karya Debi Eka Putri, dkk (2021) yang dikutip oleh kompas.com (2022) bahwaindikator loyalitas konsumen terhadap brand yaitu sebagai berikut: 

Indikator Loyalitas Konsumen terhadap Brand

1. Mempunyai Komitmen pada Brand

Adanya komitmen pada brand menjadi ciri dari kesetiaan konsumen untuk tidak berpaling dari produk yang lain. Dikarenakan sudah merasa cocok dan sesuai kebutuhan. Maka, konsumen akan berkomitmen pada brandnya.

2. Keberanian dalam Melakukan Pembayaran yang Lebih Mahal dari Brand Lainnya

Keberanian konsumen untuk membayar lebih mahal karena konsumen sudah mengetahui kualitas dari brand tersebut. Sehingga, mereka rela membayar lebih mahal dari brand lainnya. 

3. Adanya Ajakan kepada Orang Lain untuk Mengikutinya Membeli

Seringkali para konsumen yang merasa cocok pada brand yang dibelinya mereka akan mengajak orang lain untuk mengikutinya. Mengajak dengan membeli dan merasakan kualitas dari brand tersebut.

4. Tidak Adanya Pertimbangan Ketika Melakukan Pembelian Ulang

Konsumen yang sudah memberikan kepercayaan terhadap produk yang dibelinya, mereka akan membelinya terus-menerus tanda adanya pertimbangan. Alasannya karena sudah merasakan kecocokan terhadap brand tersebut.

5. Selalu Update dengan Perkembangan Brand

Mengikuti perkembangan dari brand yang dibeli atau dipakai agar tahu lebih dalam tentang produknya. Selalu update perkembangannya sehingga memungkinkan untuk membelinya lagi.

6. Adanya Promosi Gratis dari Konsumen

Konsumen seringkali ketika sudah merasa cocok dengan brand yang dipakainya, mereka akan melakukan promosi kepada rekan-rekannya. Sehingga ini menjadi peluang bagi para pebisnis menjadikan hal tersebut sebagai promosi gratis. Hal ini menjadi mengurangi biaya promosi.

jangan lupa juga untuk membaca artikel tentang Personal Branding di Dunia Digital, Ini Langkahnya

Dari paparan di atas, bahwa cara mempengaruhi konsumen terhadap brand agar disukai sangat penting. Konsumen yang merasa cocok akan memberikan kepercayaan penuh terhadap kita. Berikan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pengakuan dari konsumen tentu juga penting untuk menunjukkan adanya loyalitas dari brand yang kita miliki. Yuk, semangat! Jadikan brand kita disukai oleh konsumen.

sumber:

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/26/100000769/brand-loyalty–pengertian-dan-indikator-loyalitas-konsumen-pada-merek

Bagikan