Digital Marketing untuk Pengusaha Muda

Kini, layanan internet yang semakin berkembang memungkinkan kita untuk saling terhubung hanya dari perangkat smartphone yang sering kita bawa ke mana-mana. Akibat perkembangan tersebut, pengguna internet semakin melonjak dan kian menjangkau berbagai kalangan. Fenomena ini pun dijadikan peluang bagi para pebisnis untuk melancarkan strategi pemasaran mereka agar penjualannya meningkat. Pemasaran dalam bentuk digital ini disebut digital marketing. Untuk kalian pengusaha muda yang lagi merintis bisnis dari awal wajib banget tahu dasar dan seluk-beluk dari digital marketing ini. 

Baca juga : 5 Strategi Ampuh Social Media Marketing disini

Apa itu digital marketing?

Digital Marketing sama saja seperti marketing pada umumnya yang selama ini sudah kita ketahui, tujuannya adalah untuk meningkatkan awareness brand dan mendongkrak penjualan produk. Namun, sesuai namanya, digital marketing merupakan merupakan teknik pemasaran menggunakan platform digital, seperti Instagram, Facebook, dll. 

Apa Pentingnya Belajar Digital Marketing?

Digital marketing ini merupakan peralihan dari marketing tradisional, seperti koran, majalah, penjualan dari pintu ke pintu, dan papan iklan. Walaupun tidak ada salahnya untuk mempromosikan dagangan mu dengan conventional marketing, namun tentunya akan menjadi suatu kerugian kalau kamu tidak mencoba untuk mengembangkan bisnis mu ke ranah digital yang sedang hits saat ini.

Internet kini menjadi bagian crucial dalam kehidupan orang sehari-hari. Makin banyak orang yang tengah berselancar di internet memungkinkan target pembeli mu sedang online sehingga pemasaran dalam bentuk offline saja tidak cukup. 

Bagaimana Cara Penerapannya?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai berbisnis di platform digital.

1. Social Media Marketing

Hampir semua orang mempunyai sosial media, hal ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk terjun ke dalamnya. Ada banyak pilihan, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Bisnismu pun bisa eksis di semua platform jika memang memungkinkan. Tapi, perlu diperhatikan bahwa demografi dan kebiasaan orang-orang cenderung berbeda pada masing-masing platform. Contohnya, terdapat ketertarikan dan habits yang berbeda di antara pengguna twitter dan instagram. Agar strategi jualan mu berhasil, kamu perlu mempertimbangkan dan memilih sosial media yang cocok untuk bisnismu. Saat kamu sudah menemukan sosial media yang tepat, kamu dapat membuat konten yang menarik audiens mu. Kamu juga dapat melakukan interaksi dengan target market mu untuk membangun trust pada brand mu. Kamu juga bisa banget menggunakan fitur ads berbayar yang tersedia. 

2. SEO atau Search Engine Marketing

Kita tidak perlu lagi menelusuri jalanan untuk mencari suatu barang, sekarang orang-orang hanya perlu mengetik di mesin penelusuran untuk mencari barang spesifik yang ingin di beli. Berkaitan dengan hal ini, penting sekali bagi kamu para pengusaha muda untuk mengembangkan bisnismu dengan search engine optimization atau SEO. Singkatnya, SEO merupakan tindakan mengoptimasi website agar muncul di mesin penelusuran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic. Semakin banyak websitemu dikunjungi audience, semakin besar kemungkinan kamu akan menggaet pembeli baru atau meningkatkan awareness pada brand mu. Ingin pelajari SEO lebih lanjut? Klik link berikut: https://www.longdistancecreator.com/seo-pengertian-fungsi-dan-caranya/

stay up to date merupakan suatu keharusan untuk tetap relevan dan bisa survive di era ini, terlebih untuk yang baru banget merintis bisnis, menyisihkan waktu kalian untuk belajar tentang digital marketing akan memberikan banyak keuntungan untuk perkembangan bisnis kalian ke depan nya!

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email