IG Reels: Fitur Baru Instagram yang Akan Saingi TikTok?

Instagram baru saja mengumumkan fitur baru (lagi) dari sekian variasi fitur yang sudah di launching. Sebenarnya fitur baru tersebut sudah keluar sejak pertengahan 2020 kemarin di 3 negara yaitu Amerika Serikat, Inggris dan Jepang. Tetapi di Indonesia sendiri baru bisa di akses belakangan ini. Biasanya, tiap kali Instagram menambahkan fitur baru mutlaknya selalu tersedia di peron Story seperti yang lalu-lalu mulai dari fitur live, boomerang dan sebagainya. Namun kali ini, fitur baru tersebut tidak muncul di tempat yang sama layaknya live ataupun boomerang, melainkan lebih tersembunyi. 

IG Reels

Dinamakan dengan IG Reels, fitur baru ini mempersilakan para user untuk berkreasi melalui video pendek berdurasi 60 detik. IG Reels juga menyisipkan fitur musik, efek dan teks. Secara gamblang, IG Reels hampir mempunyai tampilan yang tidak jauh beda dengan TikTok terlebih ratio yang dipakai ialah vertikal yaitu 9:16. Tidak hanya itu saja, Reels dapat diatur menjadi video publik atau private. Jika video Reels bersifat publik, video tersebut akan dimuat di halaman Explore. Kumpulan konten Reels juga bisa dilihat oleh user lainnya di halaman yang sama. Sistem penelusuran aneka video Reels juga mirip dengan cara TikTok yakni, cukup dengan scroll up, serupa dengan fitur “For Your Page” (FYP) pada platform TikTok.   

Baca juga: Instagram Filter: 4 Langkah Membuat Filter Story disini

Berlandaskan dari situlah IG Reels dianggap akan menyaingi Tiktok, sosial media yang sedang digandrungi di seluruh penjuru dunia. 

Cara Menggunakan IG Reels

Sebagaimana yang telah dikatakan pada penjelasan diatas bahwa letak fitur ini masih tersembunyi. Lalu di mana dan bagaimana caranya? Tiap user perlu membuka Insights lalu scroll down, kemudian muncullah “Create Reel”. Coba pelajari secara komprehensif agar lebih mengenal IG Reels ini, ya..

Dos and Dont’s 

Ketika ingin mulai mencoba IG Reels, ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan untuk menambah reach serta menarik perhatian followers. Begitupun dengan hal-hal yang jangan dilakukan supaya menghindari turunnya kualitas konten dan kurangnya peminat. Berikut tips Dos and Don’ts terkait IG Reels:

Kelebihan dan Kekurangan IG Reels

Terdengar impossible jika suatu hal tidak memiliki kelebihan dan kekurangan. Segalanya pasti terbesit akan plus-minus entah yang terlihat maupun tidak. Sebagaimana fitur yang mempunyai kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Jika ditilik lebih lanjut, fitur ini di Indonesia masih kurang sempurna sebab beberapa hal ini; belum tersedianya musik, kemunculan di Explore belum sesering mungkin dan pamor Reels yang masih terkesan unfamiliar. Ditambah letak dari fitur Reels yang tidak terpampang jelas di depan. Sedangkan kelebihan dari fitur baru tersebut adalah dapat menambah new experiments, menyalurkan kreativitas maupun hobi untuk para user dan rumornya bisa menghasilkan pundi-pundi cuan! 

Baca juga: TikTok Ads Untuk Promosi Bisnis disini

Dihimpun dari Phone Area, fitur ini nantinya bisa menjadi wadah untuk para kreator demi memperoleh uang/bayaran. Terutama kreator-kreator yang menjadi favorit Reels dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Namun sejauh ini, belum diketahui bagaimana para kreator mencairkan dana bayaran tersebut. Pihak Instagram pun juga belum berkutik lebih lanjut perihal ini. 

Kendati demikian, diharapkan fitur ini akan lebih sempurna di Indonesia dan mendapat panggung tenar juga seperti fitur-fitur terdahulunya. So, tertarik untuk dive into IG Reels? Semoga informasi ini berbuah baik untuk kalian semua, readers LDC!

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email