Instagram Filter: 4 Langkah Membuat Filter Story

Seperti yang kita ketahui, Instagram adalah salah satu media sosial yang paling digemari. Terlebih lagi, Instagram menyediakan fitur Instagram story yang sangat menarik bagi para penggunanya. Fitur yang diluncurkan Instagram sejak Agustus 2018 ini memungkinkan penggunanya untuk bermain dengan berbagai macam filter dan bahkan penggunanya sendiri dapat membuat filter unik versi mereka. Nah pada kesempatan ini, LDC akan memberikan 4 langkah bagaimana cara membuat filter Instagram story sendiri. Yuk, disimak!

Baca juga:

5 Fakta Unik Tentang Instagram

Solusi untuk Stories Bertahan Lama

1. Download dan Buka Aplikasi Spark AR

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah men-download aplikasi Spark AR di situs resmi nya yaitu, sparkar.facebook.com. Lalu kalian pilih sesuai dengan sistem operasi perangkat yang sedang kalian gunakan yaitu Windows atau MacOS.

Setelah itu, kalian bisa langsung install dan log in dengan akun Facebook kalian yang telah terhubung dengan akun Instagram.

2. Buat Project Baru

Setelah berhasil log in, kalian akan diperlihatkan halaman utama dari Spark AR, lalu kalian klik new project > blank project untuk memulai berkreasi. 

Kalian akan dibawa pada lembar kerja Spark AR, kemudian klik add object > face mash > insert, kemudian tambahkan material dengan klik materials di bagian kanan lembar kerja kalian.

3. Siapkan dan Masukan Objek

Pada tahap ini kalian bisa membuat dan men-desain bahan filter kalian dengan men-download bahan berupa PNG dari google atau kalian bisa memodifikasi sendiri sesuai kreatifitas yang kalian inginkan menggunakan Adobe photoshop, Adobe ilustration, Corel draw, dan sebagainya. 

Setelah selesai, kalian bisa langsung memasukan bahan tersebut ke dalam Spark AR dengan klik materials > texture > choose file. Dan jeng.. jeng..jeng! Filter kalian akan keluar pada tampilan Spark AR dan kalian bisa settings sesuai keinginan kalian.

4. Export dan Publish Filter

Nah, yang terakhir kalian hanya perlu export hasil mahakarya kalian dengan klik export & upload > upload, tunggu loading-nya dan kalian akan dibawa ke halaman Spark AR untuk kemudian kalian lengkapi mulai dari nama, kategori, media, file, ikon dan lain lain.

Kalau sudah selesai tinggal klik ajukan dan tinggal tunggu hingga filter kalian selesai ditinjau.

Jadi, gimana, nih? Tertarik pengen buat mahakarya instagram story versi kalian? Selamat mencoba, ya!   

Bagikan