Internet Explorer Resmi Tutup Juni 2022

internet explorer

siapa yang menyangka Internet Explorer resmi tutup tahun depan Juni 2022 dan akan digantikan dengan microsoft edge. Padahal sebelum adanya berbagai media jelajah yang kita kenal saat ini seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Internet Explorer sudah menemani kita untuk browsing dan menjelajahi dunia maya. Hal ini telah diumumkan oleh Microsoft yang akan mencabut plug on Internet Explore 11.

Sejarah Internet Explorer

Tak dapat kita dipungkiri Internet Explorer telah lama menenami pengguna internet sejak akhir Abad ke-20 hingga awal Abad ke-21. Meski sudah banyak web browser yang lebih popular mendominasi. Internet Explorer tidak mungkin dilupakan sebagai web browser yang kerap membantu segala aktifitas digital kita di masa awal kejayaan internet. Internet Explorer memulai perjalanannya ketika muncul pada tahun 1994-1995. Ini menjadi salah satu web browser pertama yang digunakan oleh masyarakat umum. Diawali dari Internet Explorer 1.0 atau versi pertama, Microsoft terus mengembangkan program dan fitur-fitur baru di dalamnya. Agar dapat bersaing dengan berbagai kompetitor lainnya, seperti Opera, Mozilla Firefox, dan lainnya. Ketika melihat penggunanya yang semakin berkurang, Microsoft pun memilih mengakhiri Internet Explorer pada versi yang kesebelas. Sebagai gantinya, Microsoft meluncurkan web browser baru pada tahun 2015 yang dinamakan Microsoft Edge

Perusahaan tersebut juga menegaskan aplikasi Internet Explorer 11 akan resmi akan tutup dan tak ada lagi mendapatkan dukungan mulai 15 juni 2022 dan sampai tahun ini Internet Explorer kini berusia 26 tahun.

Baca juga:

Google Search, Website Di Halaman Pertama

Apa itu SEO?

SERP dan Keterkaitannya dengan SEO

Alasan Internet Explorer Resmi Tutup

Platform ini berjaya dan menjadi primadona sebelum adanya Chrome dan Firefox menyerang. Dan pada saat itu kehadiran 2 aplikasi tersebut membuat rata-rata netizen lebih memilih Chrome atau Firefox. Sehingga penggunaan yang menurun cukup dirasakan oleh Internet Explorer.

Bahkan banyak pengguna telah mengeluhkan kecepatan sistem pencaharian Internet Explorer lebih lambat, dibanding pesaing seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, namun saat ini  Microsoft pun mengembangkan Edge.

Adanya hal tersebut Microsoft menggantikan Internet Explorer dengan Microsoft Edge sebagai Browser modern dan microsoft Edge sebagai pewarisnya.

Namun terdahulu perusahaan yang disebut dengan layanan software 365 tidak mendukung Internet Explore. Karena menilai Microsoft Edge lebih modern dan aman bagi penggunanya.

Sekilas informasi mengenai Microsoft edge yang dibangun di atas proyek Chromium, yakni teknologi yang memberdayakan banyak peramban dan browser edge menawarkan berbagai macam fitur yang fresh dan keren salah satunya keamanan pengguna yang lebih tinggi terhadap serangan siber windows 10, melewati Microsoft Defender SmartScreen.

Selain itu juga menyediakan password monitor yang dapat memindai dark web dan mengidentifikasi apakah kredensial pribadi pengguna telah disusupi atau tidak.

Namun pembaharuan lainnya yakni keamanan Internet Explorer 11 biasanya dilakukan setiap bulan, maka Microsoft Edge dapat melakukan pembaharuan keamanan dalam beberapa hari.

Jangan khawatir ya, meski Internet Explorer mulai berhenti pada juni 2022. Microsoft berjanji untuk mendukung mode IE di Edge hingga 2029.

Bagikan