Kelebihan WhatsApp Bisnis dan Cara Memilikinya

WhatsApp Bisnis adalah salah satu aplikasi chat yang kerap digunakan oleh para pemilik bisnis. Dirilis Pada tahun 2018, ternyata aplikasi ini mendapat antusiasme besar dari masyarakat Indonesia, terlebih aplikasi whatsApp sudah sangat familiar

WhatsApp Bisnis

Adanya WhatsApp Bisnis bisa menjadi aplikasi alternatif yang sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis, terlebih bagi pebisnis online. Dengan aplikasi ini calon pembeli dapat berkomunikasi dengan penjual secara efektif dan efisien. Baik bagi customer maupun mereka yang ingin bertanya-tanya lebih dahulu sebelum benar-benar membeli atau menggunakan jasa kalian. 

Lalu Apa saja kelebihan WhatsApp Bisnis dan bagaimana cara memilikinya? Dan apa sih fitur fitur menariknya?

Baca juga:

Peluang Bisnis di Cookpad

Personal Branding di Dunia Digital, Ini Langkahnya!

Cara Memiliki WA Bisnis

  • Unduh aplikasi WhatsApp Business di Google Play Store
  • Login menggunakan nomor telepon WhatsApp
  • Verifikasi dengan kode OTP
  • Pilih jenis media dan preferensi pesan yang akan dipulihkan (retrieve) dari riwayat obrolan yang telah dicadangkan (di-back up) jika kalian ingin memulihkan data kalian
  • Tunggu proses pemulihan data selesai
  • WhatsApp Business aktif dan kalian bisa gunakan

Fitur-fitur Istimewa Aplikasi Bisnis “WA”

  1. Profil bisnis

Profil pada WhatsApp Bisnis ini memuat tentang informasi bisnis kalian. Seperti nama, alamat, email, kategori bisnis, deskripsi dan situs website. Menu informasi tersebut tidak akan kalian dapatkan di WhatsApp Messenger.

  1. Katalog 

WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog yang berguna menampilkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis kalian. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil WhatsApp kalian. 

  1. Mengirim pesan otomatis

Away Message merupakan fitur otomatis untuk membalas pesan. Ketika ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi. Kalian dapat membuat pesan balasan secara otomatis yang sesuai dengan preferensi kalian. 

  1. Kategori bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Bisnis, terdapat menu Kategori Bisnis. Yang bisa kalian pilih sesuai bisnis kalian lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Tapi, jika kategori bisnis kalian tidak ada dalam list kategori bisnis, kalian bisa menuju menu “others”. 

  1. Verifikasi centang hijau

WhatsApp Business ternyata juga bisa memverifikasi akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Setelah itu pihak WhatsApp Bisnis akan memberikan centang berwarna hijau pada akun tersebut. 

  1. Menyapa otomatis

Greeting Message atau menyapa secara otomatis merupakan fitur balas pesan otomatis yang bisa dikirimkan saat pelanggan pertama kali menghubungi kalian. 

  1. Statistic percakapan

Di WhatsApp Bisnis, kalian dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Ini dapat membantu kalian meninjau pesan mana saja yang efektif. 

  1. Label pesan 

Fitur label merupakan fitur pengelompokan chat yang berdasarkan kriteria tertentu. Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Bisnis, antara lain, menunggu pembayaran, prospek, pesan baru, dan pesan selesai. Label tersebut dapat dihapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan kalian.

Manfaat WhatsApp Bisnis untuk Bisnis Kalian

WhatsApp Bisnis merupakan pilihan yang tepat bagi para pebisnis. Terlebih aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu suksesnya bisnis kalian. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan WhatsApp bisnis.  

  1. Mudah mempromosikan produk
  2. Meningkatkan reputasi kepercayaan
  3. Komunikasi dengan Pelanggan lebih Mudah 

Gimana, kalian termasuk pengguna WhatsApp bisnis? Atau baru mau mencoba? Selamat mencoba 🙂

Bagikan