Mager Berolahraga Saat Puasa? Ini dia 5 Tipsnya!

malas

Mager atau malas gerak menjadi sebuah penyakit ketika bulan ramadhan, karena tubuh lemas dan rasa kantuk yang menjadi poin pendukung, membuat habit mager ini jadi semakin meronta-ronta. Padahal olahraga itu masih penting  dilakukan selama bulan ramadhan lho. Nah, ini dia tips agar tetap bisa berolahraga selama bulan puasa anti mager-mageran. 

Berikut 5 Tips Berolahraga Agar Tehindar dari Mager Selama Bulan Puasa

Hilangkan Kebiasaan Mager dengan Protein Saat Sahur 

mager

Meskipun berpuasa bukan berarti asupan protein jadi berkurang dong, karena protein merupakan salah satu nutrisi yang harus terpenuhi selama berpuasa. Asupan nutrisi seperti protein memberikan energi dan bisa membuat kamu tetap bertenaga terutama saat berolahraga di tengah puasa. 

Hal ini turut didukung oleh pendapat ahli gizi asal Ontario Kanada, Anar Allidina, yang menyarankan untuk mengonsumsi smoothie jika kamu tidak memiliki waktu untuk membuat hidangan berprotein seperti daging. 

“Protein adalah kunci. Itu yang akan membuat Anda kenyang,” kata Allidina mengutip dari Global News. Dia merekomendasikan smoothie yang terbuat dari sayuran, buah-buahan, sayuran, selai kacang. 

Melakukan Olahraga Di Sore Hari 

Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? jawabannya adalah di sore hari, tepatnya sebelum atau setelah berbuka puasa. 

Dikutip melalui pernyataan Allidina “Anda bisa sedikit mendorong diri untuk olahraga, sementara tahu kalau sebentar lagi akan berbuka,” imbuhnya. Para ahli menyarankan untuk berolahraga tepat sebelum berbuka puasa atau menjelang matahari terbenam. 

Olahraga setelah berbuka juga dapat menjadi pilihan yang tepat, karena setelah berbuka puasa, kamu akan mendapat asupan yang lebih besar dari makanan dan minuman yang kamu makan. Jika ingin berolahraga setelah berbuka puasa, sebaiknya memberikan jeda waktu selama satu jam setelah berbuka.

Memilih Jenis Olahraga Secara Tepat

mager

Menentukan olahraga yang akan kamu lakukan sedari awal menjadi hal yang penting dilakukan sebelum berolahraga di bulan puasa, kamu tidak bisa sembarang memilih jenis olahraga yang kamu mau. 

Kamu harus menghindari olahraga-olahraga yang memerlukan fisik ketahanan, plyometrics, kecepatan, dan kelincahan. Jenis olahraga yang membutuhkan intensitas tinggi, tentunya akan sangat menguras tenaga dan energi. 

Tenang, masih banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan, seperti jalan kaki, yoga, tai chi, bersepeda, dan masih banyak lagi. Olahraga-olahraga ringan ini tentunya akan lebih mudah dilakukan selama berpuasa karena tidak membutuhkan intensitas yang tinggi.

Menjaga Asupan Air

Sudah menjadi rahasia umum jika hidrasi  yang cukup saat sahur sangat berperan penting dalam aktivitas selama berpuasa. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi selama bulan puasa. 

Sunny Salique, seorang personal trainer mengatakan,”Saya biasanya minum empat gelas besar air sebelum matahari terbit, untuk memastikan saya terhidrasi seharian,” ujar Salique dalam The Independent.

Hidrasi adalah faktor yang sangat penting, apalagi saat Anda merencanakan olahraga. Hal ini tentunya juga berlaku meskipun sedang berpuasa. 

Berikan waktu Istirahat

Memperhatikan waktu istirahat juga merupakan hal yang harus di-highlights ketika berolahraga selama bulan ramadhan. Pasalnya, rutinitas olahraga memerlukan waktu untuk istirahat atau pemulihan, seperti halnya tidur. 

Waktu tidur yang kurang tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja tubuh. Ketika bulan ramadhan, durasi tidur seseorang pasti akan berubah karena sahur. Oleh sebab itu, tidur siang ketika berpuasa akan diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh. 

Itu dia beberapa tips berolahraga selama bulan puasa untuk menghindari kebiasaan mager yang susah untuk dikendalikan selama bulan ramadhan. Gimana? tertarik untuk berolahraga selama bulan ramadhan?

Baca juga: Jenis Kopi Ini Bisa Menebak Kepribadianmu

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email