Mengenal FOMO dan kebalikannya JOMO

Pernahkah Anda merasa takut kehilangan? Sebenarnya kehilangan bukanlah sesuatu hal yang harus ditakutkan. Adanya perasaan sering cemas, takut akan ketinggalan informasi, dan hal-hal baru lainnya, bisa jadi Anda sedang mengalami FOMO atau fear of missing out. FOMO ini biasanya disebabkan oleh perasaan bahwa kebutuhan Anda tidak terpenuhi. Sebaliknya, joy of missing out atau JOMO adalah perasaan ketika seseorang justru merasa senang tak harus mengikuti apa yang sedang tren. Kali ini LDC akan memberikan penjelasan faktor yang menyebabkan Anda mengalami FOMO dan bagaimana cara Anda menikmati JOMO. 

Menariknya FOMO dapat menghalangi Anda melakukan hal-hal yang sebenarnya Anda sukai hanya karena orang lain mungkin sedang bersenang-senang tanpa Anda. Anda menjadi kecanduan pada pengetahuan, kesibukan yang tidak berarti, dan Anda terus kembali untuk lebih. Anda mungkin akhirnya bergabung dengan orang lain untuk aktivitas yang sebenarnya tidak Anda pedulikan, hanya karena takut ketinggalan. Pada akhirnya, yang Anda lewatkan adalah hidup Anda yang sebenarnya. Ada beberapa faktor mengapa Anda bisa mengalami FOMO.

Berikut penjelasannya :

1. Media Sosial

Media sosial memungkinkan orang untuk melihat semua hal menyenangkan yang telah dilakukan teman mereka sepanjang hari terakhir, menyebabkan FOMO ikut campur. fakta bahwa orang cenderung membagikan versi kehidupan mereka yang lebih baik di media sosial, sering kali terpusat tentang aktivitas sosial dan pengalaman menyenangkan. Adapun membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain di media sosial dan perasaan bahwa kita ketinggalan.

2. Kesendirian

Mengapa kesepian dikaitkan dengan FOMO? menyendiri lebih menyakitkan saat Anda tidak ingin sendiri, dan saat orang yang Anda kenal tampaknya menikmati diri mereka sendiri bersama. Saat kita merasa kesepian, kita cenderung membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

3. Kegelisahan

Sering kali disertai dengan perilaku gugup, juga merupakan penyebab FOMO. Adanya kecemasan membuat orang bisa terjebak. kita dapat merasakan bahwa orang lain lebih bahagia dan hidup mereka lebih terarah.

Baca juga :

Situs Password Generator Online Mudah dan Aman

Situs Bermanfaat yang Ternyata Jarang Diketahui!

Joy Of Missing Out atau JOMO adalah tentang kesederhanaan dan kegembiraan karena tidak perlu merasa lelah. orang yang menikmati JOMO tidak merasa ada keharusan untuk menunjukkan kepada orang lain apa yang tengah dilakukannya. Tak ada keinginan untuk pamer demi mendapat pengakuan terlebih lagi  karena benar-benar menikmati petualangannya.

Untuk Anda yang mau menikmati JOMO Anda harus melakukan hal ini ya.

1. Mengurangi Akses Media Sosial

Anda bisa memberikan batasan dalam jumlah waktu penggunaan media sosial dan miliki waktu terbaik ketika Anda benar-benar terputus dari teknologi.

2. Menikmati Momen untuk Diri Sendiri

Belajar untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri merenungkan bagaimana Anda menggunakan waktu Anda sebaik mungkin dan bagaimana perasaan Anda saat itu. Jujurlah, apakah Anda melakukan sesuatu karena hal itu memberi Anda kegembiraan atau karena Anda merasakan ketakutan atau khawatir ketinggalan.

3. Menggunakan Waktu Sebaik Mungkin

Mulai sekarang Anda bisa meluangkan waktu untuk memutuskan apa yang penting bagi Anda dan kebahagiaan Anda dan bagaimana Anda ingin menghabiskan waktu untuk Anda sendiri. Anda perlu melakukan sebuah kegiatan atau acara apa saja yang sesuai dengan tujuan atau prioritas Anda? Apakah Anda mendapatkan manfaat dari waktu menyendiri atau istirahat?

4. Membangun Hubungan yang Sesungguhnya

Saat ini sudah banyak komunikasi dan hubungan kita terjadi secara online. Putuskan hubungan dari teknologi dan mulai membangun hubungan kembali dengan orang-orang. Hubungan adalah bagian penting dari kebahagiaan kita, jadi prioritaskan orang-orang yang membuat Anda merasa hebat.

5. Tetap Berhati-hati dan Berilah Perhatian

Belajar untuk menjadi lebih perhatian. Secara tidak sadar JOMO termasuk memperlambat dan menjadi lebih pada saat ini. Bawalah kesadaran akan kebutuhan emosional dan fisik Anda dan pilihlah untuk lebih hadir dalam hidup Anda sendiri.

6. Praktek untuk Mengatakan Tidak

Belajar untuk mengatakan tidak pada sesuatu tanpa rasa takut atau rasa bersalah. Pilih dengan sadar hanya apa yang perlu atau memberi Anda kegembiraan. Merangkul lebih banyak JOMO dalam hidup Anda akan memberi Anda banyak manfaat termasuk lebih banyak keseimbangan, kegembiraan, dan kebahagiaan.

Tingkatkan JOMO, kurangi FOMO

Be joyful and Be simple. Jadikan hidup Anda pribadi dan rawatlah sebaik mungkin. Singkirkan gangguan teknologi sesuai kebutuhan Anda. 

Bagikan