Pentingnya Employer Branding bagi Perusahaan

Perusahaan merupakan sebuah tempat untuk melakukan pekerjaan atau suatu tempat yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Di perusahaan terdapat beberapa produk barang atau jasa yang akan dijual belikan kepada masyarakat dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Dalam memberikan kenyamanan pada karyawan dalam melakukan aktivitas kerjanya  perusahaan dituntut untuk mempunyai employer branding yang baik.

Cari tahu tentang apa itu employer branding, betapa pentingnya dan apa saja manfaatnya untuk perusahaan. Yuk perhatikan pembahasan di bawah ini! 

(unsplash.com/1001Love)

Apa itu Employer Branding?

Employer branding adalah sebuah usaha yang dilakukan perusahaan agar karyawan merasa aman dan nyaman dalam melakukan pekerjaan. Sehingga dengan adanya employer branding, perusahaan akan menjadi tempat yang baik dan menyenangkan bagi karyawan yang bekerja. Dalam menghasilkan ketertarikan psikologis karyawan maka employer branding menjadi salah satu usaha yang dilakukan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus berusaha untuk memfasilitasi serta memberikan kenyamanan yang lebih. Hal ini dilakukan agar karyawan merasa lebih nyaman di perusahaan dan bertahan dalam waktu yang lama.

Tujuan dari employer branding bukan hanya memberikan kenyamanan saja, melainkan memberikan peluang untuk proses seleksi karyawan baru.  Cara ini membuat kemudahan bagi karyawan melakukan adaptasi dan menikmati secara bersamaan.

Employer branding menjadikan perusahaan terkenal karena kenyamanan yang diberikan danĀ  peluang yang dapat meningkatkan nilai positif dan citra perusahaan. untuk lebih memahami tentang kenyamanan dalam bekerja teman-teman bisa klik link ini!

(unsplash.com/HowLettery)

Pentingnya Employer Branding dalam sebuah Perusahaan

  1. Menjadi Daya Tarik bagi Calon Karyawan Baru
    Dalam melakukan perekrutan karyawan baru, employer branding sangat berpengaruh terhadap banyaknya pendaftar. Hal ini dikarenakan para calon karyawan akan mencari dan mengumpulkan informasi mengenai perusahaan yang akan di daftarnya. Dalam hal ini, perusahaan harus berusaha keras dalam memberikan employer branding yang baik di mata karyawan.
  2. Adanya Penjagaan Keloyalitasan Karyawan
    Bukan hanya pada tahap perekrutan saja, employer branding juga berpengaruh pada karyawan lama. Apabila branding perusahaan baik maka karyawan akan mampu bertahan sehingga dapat menurunkan angka resign.
  3. Membangun Reputasi Positif Perusahaan
    Employer branding menjadi strategi perusahaan untuk membangun nama baik. Promosi seperti ini akan melihatkan nilai positif seperti visi, misi serta budaya yang ada di perusahaan. Hal ini menciptakan kepercayaan karyawan dan calon karyawan dalam bekerja.
  4. Mendapatkan Karyawan Potensial
    Employer branding juga dapat menarik calon karyawan yang lebih potensial dan sesuai dengan kriteria perusahaan yang diharapkan. Strategi branding tersebut akan mempengaruhi calon karyawan karena mereka akan menyesuaikan diri dengan kriteria perusahaan.
  5. Mengurangi Biaya Iklan
    Apabila branding di perusahaan baik maka secara otomatis nama perusahaan akan menjadi baik, dengan begitu dapat mengurangi beban biaya periklanan. Bukan hanya dari segi biaya saja, dari segi waktu pun sama. Akan tetapi karyawan akan tahu dengan sendirinya mengenai informasi perusahaan yang sudah mempunyai branding yang baik.

Lalu apa saja manfaat dari employer branding bagi perusahaan, berikut beberapa manfaat apabila perusahaan menggunakan employer branding.

(unsplash.com/VioletaStoimenova)

Manfaat Employer Branding bagi Perusahaan

  1. Dapat Memberikan Peningkatan Produktivitas Karyawan
    produktivitas karyawan menjadi berpengaruh apabila adanya employer branding. peningkatan dan pertumbuhan bisnis akan terasa apabila perusahaan dapat dapat mempertahankan employer branding yang baik.
  2. Berkesempatan Memperoleh Calon Karyawan yang Terbaik
    Kesempatan ini akan didapatkan perusahaan yang memberikan employer branding yang baik. Para calon karyawan akan menyesuaikan diri sesuai dengan branding perusahaan.
  3. Meningkatkan Nama Baik Perusahaan
    Dalam persaingan bisnis nama perusahaan sangat penting dan berpengaruh terhadap kualitasnya. Jika branding perusahaan baik maka akan menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia bisnis.

Employer branding menjadi sangat penting bagi perusahaan agar terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi karyawan. Manfaat dari employer branding akan dirasakan bagi perusahaan yang bersungguh-sungguh dalam memberikan kenyamanan bagi karyawannya.

Semua yang dipaparkan di atas semoga bermanfaat dan memberikan pemahaman yang baik, khususnya bagi perusahaan agar bisa menjadi perusahaan yang mempunyai employer branding.

Bagikan