Pentingnya Media Social Sebagai Keperluan Marketing

Dalam era digital saat ini, tidak heran jika perkembangan teknologi terasa sangat pesat. Salah satunya adalah platform social media yang saat ini telah mengubah pola pikir seseorang untuk beraktivitas serba digital. Ditandai dengan munculnya era 5.0 yang memberikan banyak perubahan dan manfaat bagi kita semua untuk memudahkan aktivitas maupun pekerjaan. Pentingnya social media dapat dijadikan sebagai kebutuhan yang paling mendasar dalam memperkenalkan sebuah produk maupun brand. Tentunya platform social media dapat dimanfaatkan secara maksimal  sebagai keperluan marketing.

Dalam Bukunya “Marketing on the Social Web” yang ditulis oleh Tamar Weinberg, social media marketing adalah sebuah proses untuk mendorong individu untuk melakukan promosi melalui situs web, produk, atau layanan mereka melalui saluran sosial yang bersifat online dan untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan komunitas yang jauh lebih besar. Hal ini dilakukan untuk memiliki kemungkinan lebih besar dalam melakukan pemasaran dari pada hanya mengandalkan saluran periklanan tradisional (offline).

Bagaimana cara mengenalkan Social Media Marketing 5.0

Global social media statistics research summary 2022 [June 2022]

Hootsuite.com

Banyak hal yang dapat dijadikan tantangan di era 5.0 salah satunya ialah kemajuan teknologi yang begitu canggih dan pesat, yang mengharuskan generasi 5.0 harus mampu menguasai  teknologi dengan baik. Oleh karena itu generasi 5.0 diharapkan dapat mampu menjalankan dan mengelola Social Media dengan bijak. Memang seberapa penting sih Social Media Marketing itu? Mengapa sangat penting? Yup, tentu saja penting untuk mendapatkan lebih banyak audiens dan calon customer untuk kamu yang tertarik memulai atau menjalankan bisnis. Disinilah peranan Social Media Marketing yang dapat membantumu mengelola bisnis dengan baik, dengan tujuan utama untuk memasarkan berbagai produk dengan biaya yang relatif lebih sedikit. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sosial media sangat memiliki peranan penting di era 5.0 ini.

Apa saja aplikasi terkait Social Media Marketing

Manfaat Jasa Social Media Marketing Untuk Bisnis

webarq.com

Berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran di sosial media atau dapat disebut Digital Marketing. Platform tersebut dapat diakses semua orang dan sama sekali tidak berbayar. Oleh sebab itu, kembali lagi pada diri kita masing-masing apabila kamu ingin memulai karir di dunia Digital Marketing. Tentu saja tidak semua orang ingin memulai karir yang sama. Namun, apabila kamu tertarik menggunakan Digital Marketing untuk bisnismu, kamu harus mampu mengoperasikan berbagai macam platform Social Media seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Youtube,dan masih banyak lagi.

Mengapa harus mempelajari Social Media Marketing

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Digital Marketing

beautynesia.id

Salah satu alasan yang paling mendasar dari Social Media Marketing ialah agar seseorang tidak ketinggalan informasi karena Social Media selalu memberikan informasi yang bersifat up to date setiap saatnya. Social Media Marketing tidak hanya sekedar mengunggah sebuah konten ke media sosial saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam Sosial Media Marketing untuk memaksimalkan strategi konten yang dibuat, antara lain: Goals, User Persona, dan Content. Social Media Marketing memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan brand awareness produk atau brand bisnismu. Dengan lebih luasnya audiens dan calon customer yang dijangkau Social Media Marketing, maka kesempatan peningkatan penjualan pun bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Nah, kini kamu tidak perlu pusing apabila ingin memasarkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Sekarang saatnya kamu dapat meningkatkan kualitas konten social media-mu agar dapat terlihat menarik dan dapat dilirik perhatian oleh calon customer.

Yuk, tunggu apalagi!

Baca juga :

Kunci Keberhasilan Pebisnis dengan Brand Loyalty

Sumber :

The New Community Rules : Marketing On The Social Web, Tamar Weinberg

Bagikan