6 Perbedaan Landing page dan Website

6 Perbedaan Landing page dan Website

Landing page dan website merupakan sarana/tempat untuk mempromosikan produk. Tahukah Anda? Bahwa istilah website dan landing page itu berbeda dan tidaklah sama?.  Serta memiliki beberapa perbedaan, dan kali ini kita akan membahas perbedaan antara website dan landing page. Berikut penjelasannya:

Baca juga: SEO pengertian, fungsi dan caranya disini

1. Tujuan

Landing page biasanya berisi penjelasan produk secara detail dan menggunakan strategi copywriting yang menarik. Lalu Anda harus tahu juga untuk website biasanya digunakan untuk blog bisnis, ecommerce, company profile dan tujuan nya relatif banyak. 

2. CTA

Adanya tindakan yang ingin dilakukan oleh pengguna dalam website. seperti melakukan tindakan pesan sekarang, hubungi kami, unduh sekarang dan lainnya. Sedangkan landing page harus jelas ditempatkan di halaman dan harus terlihat tanpa menggulir/scrolling, Adanya navigasi CTA yang akan terhubung dengan halaman registrasi/transaksi dan menghasilkan sebuah database. 

3. Konten

Untuk Landing page informasi nya spesifik. Sedangkan website berisi hal informasi yang umum/beragam, dimana informasi hanya berisi seputar website saja.

4. Pengunjung

Untuk pengunjung landing page memiliki target, hasilnya pengunjung berasal dari iklan berbayar, contohnya Anda sedang membuka website AAA tanpa disadari ada situs website CCC muncul dan Anda merasa tertarik lalu mengklik link tersebut. Sedangkan untuk website pengunjung datang dengan minat/keinginan yang berbeda, misalnya Anda ingin membeli baju uniqlo di website langsung maka Anda pun akan mencari secara langsung di website uniqlo.

5. Waktu untuk pembuatan

Anda harus tahu bahwa proses pembuatan landing page biasanya memakan waktu sekitar 3 hari kerja atau sekitar 1 minggu dan cukup singkat waktu pembuatan nya karena untuk mengisi landing page tidak terlalu banyak. Sedangkan website membutuhkan waktu agak lama karena adanya navigasi yang banyak, untuk waktu pembuatan sekitar kurang lebih 2 minggu.

6. Jumlah Halaman

Umumnya Landing page memiliki satu halaman utama (berisi penawaran) dan halaman pendukung (formulir untuk calon pembeli/pengunjung). Lalu untuk website memiliki jumlah halaman sebanyak 5 atau lebih, karena dalam website berisi halaman depan, kontak, profil dan lainnya. 

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email