SEO Copywriting yang Efektif (Tips and Tricks)

Anda suka menulis artikel? Anda mau tahu cara membuat konten yang diminati pembaca dan disukai oleh mesin pencari seperti Google. Kali ini LDC ingin kasih tahu cara agar kamu bisa menjadi SEO Copywriting. Copywriting adalah konten produk/jasa yang ditulis ulang dan berisi copy dari iklan. Tujuannya adalah membujuk individu atau kelompok melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli sebuah produk atau layanan. 

Seo copywriting
Sumber : techfor

5 jenis copywriting yang perlu Anda ketahui

  1. Direct Response Copywriting
  2. Marketing Copywriting
  3. Brand Copywriting
  4. SEO Copywriting
  5. Technical Copywriting

SEO Copywriting merupakan copywriting yang bertujuan untuk mempromosikan konten atau menjual konten dengan cara menarik perhatian konsumen di Google. Copywriting yang ditulis harus menyesuaikan SEO. SEO maupun copywriting tentunya berhubungan dengan konten yang berkualitas.

Baca juga:

SEO pengertian, fungsi dan caranya

SEO Copywriting harus Efektif

Berikut adanya faktor yang dapat mempengaruhi SEO copywriting menjadi efektif. Simak penjelasannya, yuk!

Judul

Dalam mesin pencarian Anda harus memasukkan kata kunci ke dalam konten, tujuanya adalah untuk mengidentifikasi konten Anda cocok dengan kata kunci yang akan dicari. Faktor inilah yang akan mebuat peringkat konten Anda naik di mesin pencari. 

Meta Description

Sebelum menulis konten dan mempublish konten, Anda perlu meta description untuk membantu memandu mesin telusur. Calon pengunjung tentunya lebih cenderung untuk memilih meta description yang memuat kata kunci. Untuk keperluan SEO, deskripsi meta yang ideal harus sebanyak 150 – 160 karakter.

Memperluas Konten

Anda harus banyak belajar mengenai konten blog Anda dengan video, gambar, dan beragam informasi yang bermanfaat.

Mengenal Pembaca Anda

Copywriter tahu bagaimana cara terbaik atau efektif dalam menyampaikan pesannya memberikan tulisan yang sesuai dengan keadaan pembaca. Anda bisa menyesuaikan gaya bahasa Anda sebagai copywriter. Anda dapat meraih kepercayaan dengan melakukan penjualan seolah-olah Anda sedang menjual konten kepada satu orang saja dan buatlah mereka merasa lebih dekat.

Frekuensi Kata Kunci

Kepadatan kata kunci yang lebih besar dari 5,5% dapat membuat Anda kena penalti dari Google. Anda tidak perlu bolak-balik mengulangi kata kunci untuk mengoptimalkan konten Anda. Jika Anda melakukannya, justru ada kemungkinan Anda akan mencapai hasil yang berlawanan dengan apa yang Anda harapkan.

Membuat Tautan / Link

Mesin pencari sangat menyukai blog/situs yang kontennya memuat link-link berkualitas. Sebaiknya Anda tidak ragu untuk mengaitkan konten Anda ke konten dari website lainnya dan ini salah satu parameter yang digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan hasil pencarian konten yang berkualitas.

Melakukan Call to Action

Dalam copywriting konten Anda seharusnya berisi penjualan untuk menarik pembaca. CTA digunakan untuk melakukan aksi-aksi lainnya yang Anda harapkan seperti mengajak pembaca mengisi database, mengisi contact number dan berupa informasi tentang mekanisme pembelian lainnya.

Demikian tentang SEO Copywriting ini dibuat. Dengan harapan, Anda dapat memahami bahwa konten berkualitas tinggi, adalah salah satu persyaratan paling penting.

Bagikan