SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO

Kehadiran teknologi serta Internet menjadikan segala hal lebih mudah untuk berinteraksi, berbagi, berdiskusi, berkreasi bahkan negosiasi. Seiring berjalannya waktu, proses dalam melakukan kegiatan di Internet sangatlah besar dan pesat. Mesin pencarian seperti Google, Yahoo ataupun Bing adalah pusat bagi para pengguna Internet untuk mencari berbagai informasi dengan hanya mengetik kata kunci yang ingin dijelajahi, lalu semua hasil akan muncul di SERP. Diketahui bahwa Google menempati posisi pertama dengan 92.26%, diikuti oleh Bing 2.83%, kemudian Yahoo 1.5%.

Namun demikian, apa itu yang dimaksud dengan SERP? 

Istilah SERP

SERP adalah sebuah singkatan dari Search Engine Result Page yang di mana istilah tersebut merajuk pada hasil pencarian yang tertera di halaman mesin pencari. Semakin tinggi mutu dan kualitas dari suatu website, semakin teratas SERP itu dimunculkan. Maka dari itu, pemahaman mengenai SEO harus dimatangkan agar hasil pencarian diposisi teratas. 

Baca juga: SEO Copywriting yang Efektif (Tips and Tricks) disini

SERP from Google Site
SERP from Google Site

Salah satu teknik untuk memaksimalkan letak website Anda jika ingin berada di paling atas yaitu menggunakan sistem iklan berbayar Google Ads. Dengan memanfaatkan cara tersebut, secara otomatis website Anda akan keluar di bagian paling teratas (on the top). Selain itu, SERP juga memiliki beberapa fitur menarik untuk dikulik.

Baca juga: Personal Branding di Dunia Digital, Ini Langkahnya disini

Fitur SERP

Berikut beberapa Fitur SERP :

1. Featured Snippets

Fitur Snippets adalah sebuah fitur SERP yang cukup komprehensif dengan hasil pencarian berbentuk box disertai penjelasan dan gambar. Fitur ini diberikan khusus untuk website dengan peringkat paling atas yang juga memiliki konten-konten berkualitas. Dengan demikian, website tersebut mempunyai potensi besar untuk di-klik bagi pengguna Internet yang jumlahnya juga mega

SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO

2. Knowledge Card

Hasil pencarian ini akan menampilkan jawaban yang singkat, padat dan jelas (simple answer). Knowlegde Card membantu para penjelajah internet dengan cara straight to the point sekaligus memudahkan pembaca untuk tahu intinya. Tampilan dari fitur ini dapat timbul bermacam-macam sesuai dengan seberapa spesifiknya informasi yang dicari (search intent user). 

SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO

3. Knowledge Panel

Berdasarkan hasil pencarian yang satu ini, pengguna internet akan disajikan dengan gambaran singkat perihal informasi dari kata kunci yang tertulis pada kolom mesin pencari. Fitur ini  terletak pada bagian kanan untuk dekstop dan bagian teratas pada gawai. Berikut contoh perbedaan hasil pencarian Knowledge Panel antara di dekstop dan gawai. 

SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO
on dekstop 
SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO
on Handphone

4. Image Pack

Sebagaimana dengan sebutannya, Image Pack membawa hasil pencarian langsung berupa gambar/foto yang relevan. Beberapa gambar dengan kualitas baik akan lebih mudah bersaing di SERP maupun saling berlomba agar menjadi bagian terdepan dari Image Pack. Melalui gambar yang dipilih, pengguna internet juga dapat terhubung dengan website yang bersangkutan. 

SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO

5. Top Stories

Top Stories menghasilkan suatu penelusuran berupa berita ataupun konten-konten dari website media terkait keyword yang diketikan. Seringnya berita dan konten yang bermunculan mengenai kabar up to date hingga berita terpanas menyangkut kata kunci yang tadi dituliskan. 

SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO

6. PAA (People Also Ask)

Dengan adanya fitur SERP yang satu ini membuat pengguna internet lebih gampang untuk mencari informasi yang masih berkaitan satu sama lain dengan keyword yang dicari. Fitur PAA memiliki kemiripan dengan FAQ (Frequently Asked Question). Saat pengguna internet menuliskan kata kunci yang dicari, seketika itu juga hasil pencarian akan menunjukan list pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya. 

SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO

7. Sitelinks

Untuk fitur sitelink, SERP yang keluar adalah ringkasan halaman-halaman populer yang saling terhubung pada website Anda. Sitelink menyuguhkan website-website ter-verifikasi dan dianggap bagus oleh Google. Tak jarang, sitelink bisa membantu beberapa website demi meningkatkan data ranking halaman website.

SERP Apa itu? dan kaitannya dengan SEO

8. Paid Result

Paid Result dalam SERP menyajikan iklan-iklan berbayar. Umumnya, hasil pencarian ini akan keluar menyesuaikan kueri yang dituliskan melalui model iklan. Acapkali fitur ini disebut pula sebagai PPC (Pay-Per-Click) dan dengan metode pembayaran tersebut otomatis website akan berada di posisi atas. 

9. Shopping Results

Sesuai dengan namanya, Shopping Results menghadirkan hasil pencarian dalam bentuk barang yang diperjual-belikan sehubungan dengan yang dicari. Hasil laman pencarian juga menggiring pengguna internet langsung ke marketplace yang menyediakan kebutuhan tersebut. Kian hari, kian banyak pengguna internet yang bernegoisasi via online dan aktivitas jual-beli lainnya.  

10. Rich Snippets (Review)

SERP berikut ini ialah fitur yang menunjukan hasil review dari suatu website. Rating dalam satu website didapatkan dari penilaian/review pengguna internet. Banyak atau sedikitnya rating yang tampil di website tersebut akan sangat memberikan dampak besar terhadap website itu sendiri. Semakin banyak jumlah bintang yang diraih, semakin bagus dan terpercaya website tersebut untuk dikunjungi. 

SERP dan kaitannya dengan SEO

Berbicara soal SERP dan SEO, tak bisa disangkal bahwa keduanya saling berhubungan dan akan menunjang pengaruh yang cukup signifikan terhadap konten-konten di hasil mesin pencarian. Untuk meningkatkan performa suatu website, dibutuhkan keahlian SEO agar konten-konten yang dibuat dapat diakses sesering mungkin yang mana akan turut membantu menaikan posisi konten terseebut menjadi teratas di SERP. 

Singkatnya, SEO adalah teknik untuk mengoptimasi website sedangkan SERP mengacu pada hasil dari optimasi website. Semakin atas suatu website di SERP, semakin bagus juga teknik SEO yang digunakan. 

Jadi, SERP dan SEO saling berkaitan demi menjulang keberhasilan suatu website. 

Semoga bermanfaat. Cari tahu lebih dalam perihal SEO dan Blog lainnya terkait Digital Marketing disini, yuk!

Bagikan