Situs Mencari Gambar Gratis dan Bebas Hak Cipta

Untuk Anda yang membuat konten tentunya perlu memperhatikan desain bukan? Memang desain sangat penting tetapi apakah Anda tahu salah satu elemen yang dapat mendukung desain adalah foto. kenapa? Karena saat orang melihat konten Anda tentu bukan desain saja yang menarik perhatian nya tetapi foto yang sesuai dengan isi konten yang Anda buat. 

Baca juga: Ukuran Foto Sosmed yang Ideal, Penting! disini

Lalu bagaimana cara kita bisa mendapatkan gambar gratis, apakah kita bisa mengambil gambar di google, lalu bagaimana dengan hak cipta nya? Sepertinya hal ini sangat menarik bukan untuk Anda yang ingin menggunakan gambar gratis, kali ini LDC ingin memberitahukan situs apa saja yang bisa Anda gunakan dan tanpa hak cipta. Berikut penjelasan nya yuk simak dibawah ini ya.

1. Pixabay

Situs mencari gambar gratis dan bebas hak cipta

Situs mencari gambar ini merupakan situs download gambar secara gratis dan bisa dimanfaatkan untuk mengisi konten sosial media Anda tanpa adanya risiko pelanggaran hak cipta. Pixabay ini pasti aman untuk mengunduh gambar dan Grafik. Dengan pixabay Anda dapat menyalin, memodifikasi, mendistribusikan, dan menggunakan gambar tersebut sesuai keinginan Anda. 

Adapun Anda harus memperhatikan lisensi pixabay yaitu Anda dapat menggunakan konten di Pixabay untuk penggunaan komersial dan nonkomersial baik di media cetak maupun digital. Pixabay dipenuhi dengan konten grafis yang luar biasa mereka juga memiliki konten vektor, ilustrasi, dan konten video.

2. Pexels

Situs mencari gambar gratis dan bebas hak cipta

Pexels adalah situs gambar stok yang menyediakan ratusan ribu gambar dan video stok secara gratis berkualitas untuk penggunanya di seluruh dunia. Apakah Anda mengetahui bahwa pixel ini memiliki 2 jenis lisensi. Apa saja? Lisensi Pexels, dan lisensi Creative Commons (CC0). Kedua jenis lisensi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan, mengedit, dan menyesuaikan foto untuk penggunaan komersial.

Dengan menggunakan gambar di Pexels memastikan bahwa Anda menghindari konflik hak cipta yang akan menjadi masalah saat mengunduh dari Google. Anda dapat mengunduh gambar tanpa membuat akun. 

3. Unsplash

Situs mencari gambar gratis dan bebas hak cipta

Situs ini memungkinkan Anda menggunakan gambarnya secara gratis dan menemukan gambar berkualitas. Unsplash juga merupakan sumber gambar gratis yang paling populer, Anda dapat menyalin, memodifikasi juga untuk tujuan pribadi atau komersial. Untuk penggunaan izin hal ini tidak diperlukan.

4. Life Of Pix

Situs mencari gambar gratis dan bebas hak cipta

Situs mencari gambar ini memiliki ribuan gambar yang bisa dengan mudah Anda dapatkan. Kekurangan dari situs ini adalah pilihan gambar yang masih sedikit. Fotografer juga dapat bergabung dan mengirimkan karyanya sendiri. Dalam situs ini tersedia pula gambar dari berbagai format.

5. Stocksnap.io

Situs mencari gambar gratis dan bebas hak cipta

Situs web ini sederhana dan juga menawarkan banyak sekali stok foto gratis. Menariknya di Stocksnap gambar selalu di update setiap minggu. Semua foto di StockSnap berada di bawah lisensi Creative Commons CC0. Apakah maksudnya situs ini berbayar? tidak.  Artinya, Anda dapat menyalin, memodifikasi, mendistribusikan foto apa pun di situs, bahkan untuk tujuan komersial, semuanya tanpa meminta izin. Adanya pilihan foto yang memiliki resolusi tinggi.

Situs/ Website penyedia gambar gratis tanpa hak cipta tentunya masih banyak. Semoga rekomendasi situs diatas dapat bermanfaat bagi Anda, ya!

Bagikan