Start Your Content Marketing : Panduan Memulai Instagram Marketing

6 Tips Memulai Instagram Marketing Bagi Pemula

buzzup.id

Jika kamu ingin memulai Instagram Marketing, berarti kamu sudah sadar bahwa Instagram saat ini adalah salah satu platform terbaik untuk menjangkau audiens. Untuk memulai menggunakan Content Instagram Marketing dengan baik tentu saja kamu harus bermodal konten yang menarik, dapat menjangkau secara luas, spesifik, dan organik. 

Akan tetapi dengan seiring naiknya trend go “online” dan langsung terjun ke sosial media, ini menandakan bahwa kompetisi untuk sukses di Instagram pun semakin ketat. Termasuk kompetisi untuk mendapatkan perhatian juga untuk menarik konsumen yang menonton konten marketing kamu. Siapa tahu mereka dapat menjadi pengikut barumu dan hal-hal menantang lainnya.

Oleh karena itu, ada beberapa panduan yang tujuannya untuk membantu kamu sebelum memulai konten marketingmu di Instagram. Setiap langkah panduan ini akan membantu kamu untuk memulai membuat Instagram yak sukses menarik hati audiens. Jangan khawatir jika kamu belum memiliki interaksi dan followers, kamu bisa memulainya dari nol.

Baca juga :

Tips Memanfaatkan Youtube Marketing Agar Bisnismu Semakin Dikenal

8 Cara Meningkatkan Brand Awareness

Menentukan Identity-Keyword

Langkah awal yang harus ditentukan terlebih dahulu adalah nama akun kamu yang sebisa mungkin dapat menarik perhatian target market kamu. Ya, Tentu saja kamu bisa menggunakan nama kamu seperti biasa, namun nama kamu dapat teroptimasi dengan mudah supaya dapat dicari. Terus, bagaimana caranya?

Jadi, disini triknya dengan menambahkan keyword yang sering dicari di Instagram. 

How to Write a Business Bio on Instagram - Elise Darma

Instagram.com/elisedarma

Contohnya, karena ini membahas seputar Instagam Marketing dan Business, maka nama profil dari akun Instagram Elisedarma menggunakan nama Instagram Marketing + Business.Karena setiap orang asing yang mencari konten marketing tidak akan mencari nama kamu melainkan kata kunci tertentu. Sehingga kemungkinan besar profil kamu muncul di halaman pencariannya.

Menulis Deskripsi Biografi

Salah satu alasan yang paling mendasar kamu menambahkan deskripsi bio di Instagram adalah untuk mencerminkan bahwa kamu seorang konten Marketer. Sehingga orang lain dapat mengklik “follow” di akun kamu. Apa saja sih, value yang orang lain bisa dapatkan ketika menjadi followers  kamu?

Disini kamu bisa menjelaskan bahwa value atau nilai yang didapatkan dari followers yang mengikuti kamu, kamu dapat mengenali setidaknya apa masalah dan tujuan mereka.

How to Write a Business Bio on Instagram - Elise Darma

Instagram.com/elisedarma

Contohnya, “Helping busy entrepreneurs turn Instagram into a revenue stream”. Kamu dapat membantu para pengusaha yang memiliki kesibukan yang dapat mengubah Instagram menjadi aliran pendapatan. Berarti disini kamu memberikan beberapa tips dan ide dari kamu melalui deskripsi biomu.

Menambahkan CTA (call-to-action)

Dengan memasukkan CTA (call-to-action) yang berupa link website kamu di kolom profilmu, pastikan CTA yang kamu masukkan link yang benar-benar cocok dengan deskripsi biomu. Karena di Instagram hanya dapat menggunakan 1 link semaksimal mungkin. 

How to Write a Business Bio on Instagram - Elise Darma

Instagram.com/elisedarma

Contohnya, kamu ingin mengarahkan orang untuk mengorder pesanan kamu melalui WhatsApp dan platform lainnya atau ingin orang menonton video konten terbarumu, tentu saja membutuhkan link yang berbeda dan pastinya memerlukan lebih dari 1 link. Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan fasilitas multi-link seperti linktree dan sebagainya, kamu bebas mencobanya sesuai yang kamu inginkan.

Menghubungkan Link ke Semua Sosial Media

Langkah terakhir adalah, pastikan kamu menghubungkan Instagram kamu ke semua sosial media apa yang kamu punya. Dengan ini kamu bisa mengoptimalkan setiap post dan story yang dibuat untuk bisa diposting ke platform lainnya.

Setelah kamu  selesai mengikuti panduan memulai Instagram Marketing dengan baik dan benar. Berarti kamu sudah siap untuk memulai posting konten Marketing kamu di Instagram!

Sumber:

Panduan Mulai Instagram, Victoria Wong

Bagikan