Tips Menggunakan Email Marketing

Tips Menggunakan Email Marketing

Apakah Anda tahu Tips Menggunakan Email Marketing? Pernah menggunakan email marketing untuk pemasaran produk? Anda harus tahu dengan menggunakan email marketing, Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar untuk mengawalinya. Anda bisa mencoba strategi ini untuk menghemat biaya operasional. Seperti yang kita tahu perkembangan dunia digital akan selalu berkembang,  begitu juga dengan aktivitas pengguna internet lebih banyak melakukan aktivitas dalam media sosial. Anda bisa saja menggunakan email marketing, lalu bagaimana cara Anda memulai email marketing dalam bisnis secara efektif? Kali ini LDC akan membahas nih terkait penggunaan akan email marketing seperti apa. Yuk simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga: 5 Tools Gratis untuk Riset Hashtag di Instagram disini

1. Membuat Email List

Untuk Anda yang suka membaca buku tapi suka bingung harus mulai darimana? Anda pasti akan melakukan riset terlebih dahulu, setelahnya Anda barulah membuat list. Sama dengan Anda untuk memulai email marketing, tentunya Anda akan mengumpulkan data, menentukan client yang akan menjadi target Anda. Maka strategi marketing ini akan jauh lebih efektif daripada mengirimkan email secara acak bukan? Jangan lupa untuk menentukan target audiens Anda sejak awal ya. 

2. Menggunakan EM Platform

Untuk pertama kalinya Anda menggunakan email marketing, Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara mengirim email dalam jumlah yang banyak, atau apakah harus mengirim dengan outlook atau gmail. Anda jangan terlalu memikirkan hal ini karena email marketing memiliki tools tersendiri. Anda bisa memilih email marketing platform yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Platform yang bisa Anda gunakan seperti Hubspot, Mailchimp dan lain nya. Dengan platform ini pun Anda akan mendapatkan sebuah template untuk mendesain email Anda.

3. Membuat Email yang Menarik

Untuk Anda yang mengirim email jika bisa gunakan kata pada subjek secara singkat dan menarik perhatian bagi penerima email agar email kita dibaca. Agar audiens membaca email Anda bisa membuat headline semenarik mungkin. Anda bisa membuat konten email marketing seperti memberikan informasi penting mengenai promo ataupun diskon produk bisnis Anda. 

4. Menggunakan Personalisasi

Sangat penting untuk Anda membangun sebuah hubungan bukan hanya membangun hubungan dengan mengobrol atau chat, dalam email marketing oun Anda bisa melakukan nya. Sangat penting bagi Anda membuat pesan yang personal kepada calon pelanggan untuk membangun sebuah hubungan. Anda harus bisa fokus untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Adapun orang ingin terhubung dengan email Anda karena mereka ingin tahu lebih banyak tentang bisnis Anda, bukan karena mereka ingin membeli produk dari Anda. Setelah orang mengenal lebih dengan bisnis barulah ada tindakan seperti membeli produk. Untuk membangun personalisasi Anda bisa menyebut nama atau memiliki data akan hari ulang tahun nya lalu Anda mengingatkan nya, hal ini bisa membantu lho.

5. Memilih CTA yang Tepat

Untuk menarik sebuah perhatian konsumen agar membeli produk,  Anda harus melakukan sebuah promosi. Untuk promosi pun dibutuhkan sebuah tulisan yang menarik. Dengan Anda membuat CTA, maka Anda sedang mendorong pelanggan mengklik pesan Anda dan kampanye Anda pun bisa berhasil. Dalam sebuah email Anda pastinya sering melihat kalimat umum seperti “belanja sekarang” atau “beli sekarang”. Kalimat umum ini sebenarnya sebuah arahan dan saya berharap setidaknya Anda bisa membuat sesuatu yang sedikit lebih menarik minat pembaca Anda. Dan jangan lupa untuk Anda mengirim email di waktu yang tepat ya. 

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email