Tips Meningkatkan Penjualan dengan Retargeting ads

Unplash.com/Olivier Le Moal

Berkembangnya dunia bisnis menjadikan orang-orang berlomba-lomba untuk mengoptimalkan bisnisnya masing-masing. Baik secara online atau offline. Dari sini kita akan berkenalan dengan orang-orang yang berbeda dari segala sudut pandang. Oleh karena itu, untuk memahami dunia bisnis, mari kita pahami salah satunya cara meningkatkan penjualan dengan retargeting ads

Di buku (Nofriansyah et al., 2020) dijelaskan mengenai retargeting, yaitu strategi yang dilakukan oleh pebisnis untuk menarik pengunjungnya melalui website yang dikunjunginya. Maka, yang dimaksud dengan retargeting ads adalah sebuah jenis periklanan ulang di website dengan pengunjung yang sudah ditargetkan. 

Retargeting ads berperan penting dalam menarik pengunjung untuk melakukan transaksi. Selanjutnya yuk, kita simak seperti apa sih kinerja dari retargeting ads?

Bagaimana kinerja dari retargeting ads?

Unplash.com/Olivier Le Moal

Kinerja dari retargeting ads yaitu dengan sistem pixel-based. Nah.. apa yang dimaksud dengan pixel-based

Pixel-based merupakan sebuah sistem yang memakai kode Javascript (pixel) dengan mengikuti pengunjung di website. Kode yang diberikan membuat pengunjung untuk mampir kembali ke website tersebut. Kemudian secara otomatis pixel akan meletakkan anonymous cookie

Oleh karena itu, ketika pengunjung meninggalkan website kita, maka secara otomatis pixel akan bekerja sesuai kinerjanya. Pixel akan menotifikasikan waktu yang tepat untuk berkunjung kembali dengan penayangan iklan kepada pengunjung. 

Keuntungan menggunakan retargeting ads yaitu adanya jaminan bahwa pengunjung akan mengunjungi ulang iklan yang sudah kita sebarkan melalui website. Maka, retargeting ads memberikan peluang besar dalam membawa pengunjung untuk datang kembali. Dilanjutkan dengan adanya tindakan melakukan transaksi.

Perlu diketahui bahwa Jenis retargeting pixel-based ini berlaku hanya pengiklanan melalui Google Adwords atau Facebook Ads. Kemudian kita akan berkenalan dengan tujuan dari retargeting ads.Berikut penjelasannya!

Unplash.com/metamororks

Tujuan Retargeting ads

1. Conversion/konversi

Adanya penargetan pengunjung baik yang sudah mengenal produk atau yang hanya mengunjungi website-nya saja. Tujuan adanya penargetan yaitu, membuat action untuk pengunjung dalam mengunjungi website. Harapannya supaya bisa melakukan transaksi.

2. Awareness/kesadaran

Adanya keikutsertaan dari pengunjung yang sebelumnya sudah melakukan interaksi di website. Selanjutnya dengan interaksi pembelian. Harapannya dapat meningkatkan kesadaran dari pengunjung mengenai produk-produk yang kita iklankan.

Tools untuk Retargeting Ads

Unplash.com/AndreyPopov

Ada beberapa metode untuk membantu pebisnis dalam meningkatkan penjualannya yaitu dengan tools yang ada di retargeting ads, berikut toolsnya

1. Facebook Custom Audience

Facebook menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan produk yang kita punya. Dikarenakan kebanyakan audiens secara cepat dapat meraih frekuensi tinggi dari pemasaran di dalamnya. Fitur ini sangat membantu untuk mendapatkan leads yang menguntungkan. 

2. Segmentasi Audiens

Segmentasi audiens sangat penting dan berpengaruh terhadap pemasaran. Dikarenakan kebanyakan pebisnis kurang tepat dalam melakukan segmen audiens, mengakibatkan kegagalan dalam melakukan pemasaran. Cara yang tepat dalam melakukan segmentasi audiens yaitu dengan menargetkan audiens yang meninggalkan belanjaannya di keranjang. Kemudian audiens yang sudah melakukan kunjungan produk, dan penargetan audiens yang baru saja meninggalkan list daftar produknya di pencarian.

3. Retargeting via Youtube

Youtube bukan hanya sebagai penghibur dikala bosan dan sepi, Melainkan ada manfaat lain dari youtube untuk pebisnis dengan menyisipkan iklan. Pebisnis harus memanfaatkan peluang ini agar bisa mendapatkan konsumen baru. Perlu diingat bahwa para pengunjung youtube bertujuan untuk menghibur diri dari rasa sepinya. Maka yang perlu dilakukan dengan memberikan iklan yang menarik dan menghibur juga agar para pengunjung youtube tidak merasa bosan. Cara termudahnya yaitu dengan melakukan pemanfaatan “Retargeting” pada Google Adwords kita.

Retargeting ads akan membantu meningkatkan penjualan, serta dapat memberikan kemudahan bagi pebisnis dalam mengenalkan produknya ke pengunjung web. Gunakan tools yang mendukung dalam melakukan promosi penjualan. Agar mendapat keuntungan yang banyak dari pemanfaatan retargeting ads ini. Jadi kapan lagi, segera lakukan pengiklanan dengan retargeting ads

Sumber:

Nofriansyah, D., Jatiningrum, C., Siregar, M. N. H., Butarbutar, N., Abadi, S., Jamaludin, J., Sudarso, A., Giap, Y. C., Harmayani, H., & Hutahaean, J. (2020). Bisnis Online: Strategi dan Peluang Usaha. Yayasan Kita Menulis.

Bagikan