5 Tools Gratis untuk Riset Hashtag di Instagram

Pengguna media sosial seperti Instagram, pasti tidak asing dengan fitur hashtag. Pengguna menuliskan caption dan sesekali menambahkan hashtag pada hasil unggahannya bertujuan untuk memudahkan pencarian di explore Instagram. Untuk pengguna akun bisnis, hashtag telah menjadi bagian dari strategi pemasaran di Instagram. Selain itu hashtag juga bisa menciptakan kesadaran merek dan membangun interaksi dengan target audiens, Pada artikel ini, LDC akan membahas 5 alat analitik gratis yang dapat digunakan untuk riset hashtag.

Baca juga: Situs Password Generator Mudah dan Aman disini

1. Hashtagify

5 Tools Gratis untuk Riset Hashtag di Instagram

Saat menggunakan alat analitik ini, Anda bisa mendapatkan wawasan lebih dalam tentang hashtag yang terkait atau mode ‘Tabel’ yang akan menampilkan tren hashtag, terlebih lagi dilengkapi dengan banyak fitur yang berguna. Hashtagify memberi Anda semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana hashtag merek Anda digunakan, termasuk memberi pengaruh teratas bagi yang menggunakannya dan bahkan akan menunjukkan variasi umum dari hashtag pilihan Anda.

2. RiteTag

5 Tools Gratis untuk Riset Hashtag di Instagram

Untuk Anda yang ingin membuat hastag bermerek, Anda bisa menggunakan RiteTag karena dapat menampilkan hashtag yang relevan, bersama dengan informasi tentang jangkauan, eksposur, dan retweet. RiteTag adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk melacak kinerja hashtag. Platform ini memungkinkan pengguna menemukan hashtag yang sedang tren dan menggunakan saran untuk mendorong lebih banyak engagement. Fitur yang paling penting dari RiteTag termasuk peringatan hashtag yang sedang tren, pengelompokan tagar (set tag), dan memeriksa analitik hashtag secara real-time. Dengan RiteTag, Anda bisa mendapatkan umpan balik instan tentang tagar Anda dan mendapatkan rekomendasi tagar untuk tidak digunakan.

3. KeyHole

5 Tools Gratis untuk Riset Hashtag di Instagram

Dengan menggunakan situs ini dapat memberitahu Anda jumlah postingan yang berisi hashtag Anda dalam jangka waktu tertentu, berapa banyak pengguna yang menggunakannya, dan jangkauan setiap postingan serta jumlah tayangan. Keyhole adalah alat analitik media sosial lain yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat kampanye SMM (social media marketing) Anda. Keyhole memungkinkan fitur analitik dan pengoptimalan tingkat akun, yang memudahkan untuk mengidentifikasi hashtag berperforma tinggi. Anda akan mendapatkan timeline lengkap dari kinerja hashtag Anda.

4. Keywordtool.io

5 Tools Gratis untuk Riset Hashtag di Instagram

Situs ini merupakan pilihan bagi internet marketing, tool ini juga memberikan berbagai statistik bagi kata kunci dengan membantu Anda membuat dan memilih ratusan atau bahkan ribuan hastag yang relevan dalam hitungan detik. Anda dapat memasukkan berbagai kata atau sinonim terkait di kotak pencarian untuk membuat alat menghasilkan lebih banyak saran hashtag.

5. All Hashtag

5 Tools Gratis untuk Riset Hashtag di Instagram

Situs web gratis dengan ribuan pengunjung di seluruh dunia. memberi Anda hasil terbaik yang Anda butuhkan untuk konten Anda. Disini Anda bisa mendapatkan generate, create, analyze and search for the top hashtags. Berikut penjelasan nya. 

  1. Generate yaitu menghasilkan hastag teratas, acak atau langsung dan dapat menunjukkan kepada Anda mengenai hashtag terbaik yang Anda butuhkan.
  2. Create adalah membuat hashtag Anda sendiri dengan menggunakan pembuat hashtag. Mudah dan sederhana untuk digunakan dengan hasil langsung yang cepat.
  3. Analyze yaitu analisis hashtag dan bisa mendapatkan beberapa informasi analitik tentang hastag Anda untuk strategi pemasaran Anda.
  4. Top Hastag seperti, hastag mana yang terbaik? hashtag mana yang paling populer? Anda bisa menemukannya di sini. 

Dari lima tools yang sudah dibahas, anda dapat memilih salah satu yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan riset tools anda. Selamat mencoba!

Bagikan