Tumpukan Email Penyebab Pemanasan Global

Tumpukan email yang sering kita jumpai, tanpa disadari telah berperan sebagai salah satu penyumbang terjadinya pemanasan global. Topik tentang penimbunan email ini banyak dibacakan dalam ruang media sosial, khususnya twitter, karena dampak yang dihasilkan terhadap perubahan iklim. 

Nyatanya email-email yang biasa ditumpuk tersebut akan membuat kinerja server email menjadi lebih besar sehingga menghasilkan tingkat  polusi yang lebih tinggi dan berpengaruh terhadap tingkat emisi karbon bumi. Peningkatan emisi karbon inilah yang kemudian membuat perubahan iklim dan pemanasan global terjadi. 

Bagaimana Email Dapat Menghasilkan Emisi Karbon

Menimbun Email

Sumber: Goodnews

Mengirim email mungkin merupakan kegiatan sepele bagi sebagian orang. Namun, baru-baru ini McAfee merilis hasil penelitian ‘Carbon Footprint of Spam’ yang mengungkap bahwa mengirim satu buah email yang dikirim setara dengan menghasilkan 4 gram karbondioksida ke atmosfer bumi. 

Selain itu, mengirim 65 email setiap harinya setara dengan gas yang dihasilkan mobil ketika berjalan sejauh 1 kilometer. Bayangkan saja seberapa banyak karbondioksida yang sudah dihasilkan oleh tiap orang karena mengirim email.

Mengingat penelitian McAfee yang menyatakan jika setiap orang dapat menerima 125 email setiap harinya. Jika dikalkulasikan dalam satu tahun, karbondioksida yang dihasilkan dari email yang dikirim seluruh orang di dunia setara dengan 3,1 juta mobil yang menghabiskan 7,5 miliar liter bensin.  

Jika setiap orang mampu mengurangi satu email yang mereka kirim setiap harinya, maka 16.433 ton emisi karbon tahunan dapat berkurang pula. Hal ini dilansir oleh media OVO yang juga menyatakan jika jumlah ini setara dengan menghilangkan 3.334 mobil diesel dari jalan raya. 

“Ketika Anda mengetik, komputer Anda menggunakan listrik. Ketika Anda mengirim email lewat internet, jaringan yang digunakan juga membutuhkan listrik,” kata Mike Berners-Lee, peneliti sekaligus penasihat OVO mengenai alasan email berkontribusi terhadap emisi karbon bumi.

Di samping itu, email yang dikirim oleh seseorang tentunya akan disimpan ke dalam cloud storage. Cloud storage ini sejatinya merupakan mesin-mesin data center yang membutuhkan listrik dalam jumlah besar.

Cara Mengurangi 

menimbun email

Sumber: shutterstock

Untuk mengurangi tingkat emisi karbon tentunya tidak semudah menghapus satu persatu email dalam inbox kamu. Karena emisi yang dikurangi berjumlah lebih kecil jika dibandingkan dengan emisi yang dihasilkan. 

Dilansir melalui BBC, data pada 2019 menunjukkan jika emisi karbon tahunan yang dihasilkan oleh negara Inggris mencapai 435,2 juta ton. Hal ini berarti pengurangan emisi karbon yang berhasil dicapai dengan mengurangi jumlah email setiap hari hanya berkontribusi menurunkan 0.0037 persen dari total emisi karbon tahunan.

Namun, setidaknya dengan mengurangi jumlah email yang dikirim setiap harinya, kita mampu berkontribusi dalam mengurangi tingkat pemanasan global. 

Selain itu, perusahaan-perusahaan teknologi raksasa seperti halnya google juga tengah berusaha mengurangi tingkat emisi karbon dengan memproklamirkan diri sebagai carbon-neutral serta mendanai proyek-proyek lingkungan dalam rangka untuk mengurangi dampak emisi karbon yang dihasilkan dari layanan mereka, seperti email atau YouTube.

Jadi, mau mengurangi pemanasan global lewat email sekarang?

Baca juga: Facebook Ads vs Boost Post. Mana yang terbaik?

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email