Personal Branding di Dunia Digital, Ini Langkahnya

Kini, kita telah memasuki era dunia digital dimana teknologi berkembang dengan sangat pesat. Berbagai platform media sosial bermunculan dengan menawarkan fitur-fitur terbaik untuk menarik penggunanya. Selain dampak positive, tentunya media social juga dapat memberikan dampak negative sehingga kalian harus benar-benar bijak dalam menggunakannya ya guys!

Membangun Personal Branding di Dunia Digital

Personal branding adalah apa yang orang lihat dan bicarakan tentang kalian. Tentunya, ini sangat bermanfaat dan menjadi peluang kalian dalam membangun citra diri, memberikan gambaran serta memasarkan diri kalian untuk kepentingan karir ataupun kepentingan lainnya di media sosial.

Lalu, bagaimana cara personal branding di dunia digital? Yuk simak!

Baca juga: Cara membangun brand sejak awal disini

1. Kenali diri sendiri

Ciptakan personal branding kalian dengan apa adanya dan menjadi diri sendiri. Kalian harus tau apa bakat, kelebihan dan kelemahan yang ada pada diri kalian! Memang sih, kalian bisa saja membangun karakter yang berbeda dengan aslinya hanya untuk membangun ketertarikan publik dalam sebuah konten di media sosial. Tapi, apa itu benar? Apa itu baik? Jelas hal itu akan sangat menguras energi kalian dan tentunya membohongi diri kalian sendiri.

Ketika kalian mampu menjadi diri sendiri, kalian dapat menunjukan kepada seluruh pengguna digital, siapa diri kalian yang sebenarnya, yang memiliki karakter murni sebagai cara kalian untuk mudah dikenali dibanding yang lain.

2. Menggunakan Nama yang menarik

Berikutnya adalah menggunakan nama yang menarik. Kalian bisa menggunakan kombinasi nama dan keahlian atau hal lain yang ingin kalian tunjukan sebagai identitas diri kalian. Tentunya nama tersebut bisa menunjukkan personal kalian misalnya bagi kalian yang humoris, kalian bisa gunakan nama dengan selera humor, pastinya bukan justru pakai nama horror ya!. Pasti nggak nyambung donk.

Nah nama tersebut wajib kalian gunakan di semua platform di dunia digital sebagai bentuk konsistensi kalian ya.

3. Memaksimalkan Profil

Tahukah kalian? Setiap media sosial memiliki lokasi spesial untuk mendeskripsikan diri kalian. Nah, ini yang harus kalian manfaatkan sebaik mungkin untuk memberitahu siapa kalian dengan sigkat. Ini adalah cara paling ampuh untuk mendatangkan ketertarikan orang lain terlebih yang memiliki kesamaan minat dengan kalian.

Dan jangan lupa, profil kalian juga harus terus diperbarui secara berkala untuk memberitahu perkembangan diri kalian. Karena, ketika profil kalian sering diperbarui, secara tidak langsung akan lebih banyak orang yang tertarik dengan kalian dan membuat mereka yakin bahwa akun kalian asli.

4. Memilki strategi konten

Kenapa sih personal branding itu sangat penting? Karena dunia digital berkembang dengan sangat pesat dan tentunya saingan kalian sangat banyak guys! Kalian harus punya strategi yang tepat seperti buatlah konten secara konsisten, punya karakter dan dikerjakan secara serius. Temukan passion kalian terlebih dahulu dan kalian bisa tentukan waktu yang tepat untuk memposting konten tersebut sehingga banyak orang tertarik dengan konten kalian.

5. Menciptakan koneksi

Nah yang terakhir nih! Kalian bisa memperluas koneksi kalian dengan bergabung di berbagai komunitas yang sesuai dengan personal branding kalian. Selain dapat ilmu, tentunya kalian bisa menjadikan kegiatan di komunitas tersebut menjadi suatu konten yang sangat menarik dan tidak membosankan. Hal tersebut tentu tidak akan bisa kalian dapatkan jika kalian single fighter guys

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kalian lakukan untuk menciptakan personal branding yang kuat di dunia digital. Setidaknya, lima langkah tersebut bisa menjadi permulaan bagi kalian nih. Selamat mencoba, ya!

Bagikan