Jadi Trendsetter, Siapa Sih Target Pasar Apple?

Target Pasar Apple
Sumber : Unsplash.com

Apple baru-baru ini membuat gempar dengan rencana peluncuran iOS 16. Meski belum diketahui tanggal pasti peluncurannya, namun Apple sudah membocorkan beberapa fitur terbaru iOS 16. Tentu terobosan ini menarik perhatian pengguna iPhone. Apple sendiri diketahui sebagai perusahaan teknologi ternama dan menjadi trendsetter melalui produk-produknya. Dengan kecanggihan teknologinya, Apple tentu menyasar kalangan tertentu untuk menjual produknya. Lalu siapa sebenarnya target pasar Apple? Mari kita bedah melalui Segmenting, Targeting, dan Positioning dalam marketing!

Baca di sini untuk mengetahui fitur baru iOS 16.

Segmenting 

Dalam marketing, segmenting atau segmen pasar adalah cara untuk mengetahui target konsumen melalui beberapa faktor. Melalui segmentasi, Apple mengetahui kelompok konsumen yang tepat untuk produknya. Produk Apple sendiri dirancang untuk segmen kawula muda hingga usia menengah. Pada rentang usia tersebut, pengguna cenderung menyukai gadget yang canggih untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak hanya itu, Apple juga menyasar kelompok ekonomi menengah. Hal ini dikarenakan penghasilan mereka cukup untuk membeli produk Apple yang terbilang mahal.

Targeting

Tidak hanya segmenting, Apple juga melakukan targeting. Targeting adalah upaya untuk menetapkan target pasar berdasarkan minat dan ketertarikan. Target pasar sendiri adalah kelompok konsumen yang dipilih sebagai calon pelanggan untuk membeli produk. Apple memilih kelompok ekonomi menengah yang lebih mengutamakan fitur produk dengan gaya hidup modern. Hal ini terbukti dari produk Apple yang terus laris di pasaran meskipun mahal. Konsumen juga menunjukkan antusiasme pada produk-produk terbaru Apple. Tidak sedikit pula konsumen yang mempercayakan seluruh gawainya pada produk Apple.

Positioning

Komponen terakhir adalah positioning. Positioning adalah perencanaan produk dan strategi marketing sehingga menghasilkan kesan tersendiri di mata konsumen. Apple sendiri memposisikan diri sebagai produk premium untuk kalangan menengah atas. Posisi tersebut menciptakan kesan eksklusif pada produk Apple. Hal ini dapat dilihat pula dari harga yang dibandrol dan kualitas yang diberikan. Tidak hanya itu, Apple juga cenderung jarang mempromosikan produknya. Produk Apple justru dipromosikan oleh konsumen karena kepuasan dan rasa bangga ketika menggunakan produk Apple.

Tidak heran jika produk dan pembaharuan dari Apple selalu dinanti oleh masyarakat. Target pasar menengah ke atas yang menyukai dan membutuhkan teknologi terbaru menjadi salah satu kunci keberhasilan Apple. Harga produk Apple pun sepadan dengan kualitas serta fungsi yang diberikan. Kebutuhan konsumen menjadi terpenuhi dengan produk yang disediakan oleh Apple. Apakah kamu setuju?

Bagikan