Ukuran Foto Sosmed yang Ideal, Penting!

Sosial media tanpa sepucuk foto bagai taman tiada berbunga. Eksistensi sebuah foto/gambar menjadi bagian paling penting dalam membangkitkan imajinasi para audiens ketika menilik suatu informasi di internet. Hampir di seluruh platform sosial media membutuhkan foto demi meningkatkan kualitas dari brand, baik itu individu maupun kelompok.  

Tiap-tiap platform sosial media memiliki kriteria dimensi foto yang berbeda yang nantinya juga akan berdampak pada suatu brand yang disebarluaskan. Dalam menyajikan foto-foto tersebut di sosial media, bukan hanya tentang gambar yang menarik nan kreatif. Tetapi juga dibutuhkan ukuran resolusi foto yang tepat agar foto yang dibagikan tidak pecah maupun nampak kabur. Oleh karena itu, sebelum mengunggah foto/gambar yang ingin ditampilkan, alangkah bagusnya pelajari dan kenali lebih komprehensif tentang ukuran foto sosmed yang cukup ideal untuk dibagikan. 

Baca juga: Konten yang Paling Dicari di Youtube disini

Facebook

Pertama, ada platform sejuta umat yang paling mudah dalam pertumbuhan pengikutnya yakni, Facebook. Dalam sharing image di platform sosial media ini terbilang cukup sederhana. karena Facebook memberikan penyesuaian gambar sebaik mungkin agar tetap stabil pada tampilan mobile maupun desktop. Ukuran foto sosial media Facebook juga gampang untuk diterapkan. Berikut resolusinya.

Ukuran Foto Sosmed facebookj

Instagram

Selanjutnya, sosial media yang paling menjunjung tinggi mutu dan bobot dari suatu foto yang tidak lain tidak bukan, Instagram. Seiring berjalannya waktu, media sosial Instagram menjadi tempat yang paling nyaman untuk berbagi segala hal bukan lagi foto tapi juga video. Mulanya ukuran foto sosial media yang bertebaran di Instagram hanya mengandalkan ratio 1:1 (square). Namun, kian berkembangnya fitur-fitur yang ada kini Instagram memperkenankan para user untuk mengunggah foto dalam bentuk potrait ataupun landscape.  

Ukuran Foto Sosmed instagram

Pinterest

Tak kalah dengan sosial media sebelumnya, Pinterest juga hampir memiliki konsep yang sama dengan Instagram yaitu platform foto-foto menarik yang dapat diunggah, dibagikan ataupun disimpan (pin). Meskipun begitu, ukuran foto ideal untuk di share tetaplah berbeda dari masing-masing sosial media tersebut. Semakin baik resolusi dan proporsi yang digunakan, semakin banyak menarik perhatian audiens dan pin yang dicapai. 

Ukuran Foto Sosmed pinterest

Twitter

Berdiri sejak 2006 dan baru tenar di tahun 2011, Twitter adalah salah satu sosial media yang masih tetap berjaya meski pamornya turun-naik dalam rentang waktu 2013 hingga sekarang (dilansir dari www.trackmyhashtag.com). Platform ini memang tidak begitu merujuk pada sharing foto/gambar namun tak jarang para user memanfaatkan fasilitas berbagi foto yang disediakan. Selain itu, twitter juga tidak berbeda jauh dengan sosmed lainnya perihal tampilan gambar preview dari link yang user bagikan. Preview tersebut akan secara langsung menampilkan judul, meta description serta gambar yang bersangkutan dengan link yang dipaparkan.

Ukuran Foto Sosmed twitter

YouTube

Berbicara soal YouTube, para user internet pasti akan membahas konten-konten video yang viral di jagat sosial media tersebut. Tak ada sangkut paut dengan foto yang bisa dibagikan melainkan hanya sebuah video yang disaksikan, berlangganan (subscribe) dan turut pula link video yang disebarkan. Namun begitu, nyatanya thumbnail video yang terpampang di awalan satu video YouTube juga membutuhkan foto cuplikan menarik. Ukuran foto sosmed di YouTube bisa dimaksimalkan se-ideal mungkin demi mencetak kesuksesan dari video itu sendiri.  

Ukuran Foto Sosmed YouTube

Jadi, dalam menentukan ukuran foto sosmed secara otomatis dapat menaikkan kualitas suatu brand serta membawa nama baik pada sang pengelola itu sendiri. Keunikan dari setiap ukuran foto sosmed akan membantu para user internet menjadi lebih teliti, rapih dan kreatif dalam mengembangkan satu per satu produk/jasa yang di promosikan.

Sekian, semoga bermanfaat! 

Bagikan