Creative Thinking dalam Menghasilkan Inovasi   

Ada beberapa cara supaya Creative Thinking selalu menghasilkan inovasi yang baru.

Creative Thinking - STUDILMU Career Advice

studilmu.com

Ketika dinamika bisnis berkembang dengan begitu cepat, setiap orang bersaing untuk menciptakan suatu inovasi. Pernah nggak kamu mendengar istilah Creative Thinking? Creative Thinking dapat diartikan sebagai keterampilan, kreativitas, dan masih banyak lagi dari beberapa pandangan orang yang melakukan bisnis diluar sana. Istilah “Creative Thinking” sangat sudah tidak asing lagi yang kita dengar karena Creative Thinking ini membahas ide, kerangka pikir seseorang dalam melakukan suatu tindakan yang nantinya akan menghasilkan berbagai macam konten marketing yang kamu buat. Yuk, penasaran mengapa Creative Thinking sangat diperlukan? Simak Penjelasannya dibawah ini!

Apa itu Creative Thinking

Creative Thinking dapat diartikan kemampuan seseorang yang dimiliki dan dapat mengarahkan seseorang untuk berpikir secara kreativitas, sehingga mampu menciptakan sesuatu yang baru dan konten yang menarik yang jauh berbeda dari konten yang lainnya.

Bagaimana cara menerapkan ide Creative Thinking

Berikut untuk penerapan ide creative thinking :

  • Berpikir yang positif 

Berpikir yang positif dapat mengubah sudut pandang orang lain sehingga mampu menghasilkan suatu produk yang berkualitas lewat kemampuan seseorang.

  • Berani mencoba mengeluarkan  ide-ide yang ada dalam pikiranmu.

Di perusahaan, ide kreatif dapat menambah inovasi-inovasi menarik yang dapat dilakukan perusahaan. Team dalam perusahaan dapat menyampaikan ide-ide maupun hal yang dapat diperbaiki agar dapat bersaing dengan kompetitor dalam memikat hati konsumen. 

  • Jangan mengabaikan ide-ide sederhana 

Salah satu untuk meningkatkan Creative Thinking ialah dengan cara mendengarkan ide-ide sederhana. Karena ide yang sederhana tidak selamanya ide yang kurang baik untuk dapat diterapkan. Bisa saja ide tersebut dapat memacu langkah karir bisnismu dan juga membantumu memulai Creative Thinking kamu.

  • Workshop, Seminar & Event yang Menunjang Creative Thinking

Creative Thinking juga dapat ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan seperti kegiatan workshop, seminar, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menambah pengetahuan kamu. Kamu bisa terus memperkaya dengan berbagai macam referensi dan memaksimalkan sumber yang ada.

Apa yang harus dilakukan untuk memulai Creative Thinking 

Dengan mengetahui betapa pentingnya Creative Thinking untuk mampu menciptakan inovasi yang baru, berikut adalah 7 langkah untuk memulai karir bisnis anda dalam Creative Thinking :

  • Kenali target

Mengenali target anda merupakan deskripsi dari tujuan dari bisnis yang kamu rencanakan untuk kedepannya.

  • Mampu menciptakan konten marketing yang baik

Apabila seseorang telah mampu menciptakan konten marketing dengan baik, maka segala konsep yang ia pikirkan merupakan bagian dari Creative Thinking yang dapat diaplikasikan dari kegiatan marketing-mu.

  • Selalu mencoba melakukan hal baru

Seseorang yang Creative Thinker selalu mencoba hal-hal baru sehingga dapat menciptakan produk yang baru dari inovasi yang mereka ciptakan.

  • Dapat mengambil sudut pandang yang berbeda

Dilansir dari Creative Hub bahwa selalu bertindak “Out of the box” mungkin belum terbiasa dilakukan. Namun kamu bisa mulai melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda.

  • Mencoba untuk menambah wawasan

Sangat penting bagi seorang Creative Thinker untuk mempunyai wawasan yang begitu luas. Karena setiap sudut pandang seseorang berbeda-beda, maka dari itu produk yang mereka ciptakan merupakan bagian dari ide pola pikir kreatif mereka.

  • Selalu mencatat ide-ide baru

Mencatat dan mengingat bukanlah hal yang sama persis. Pada dasarnya mencatat ide yang baru merupakan temuan yang didapatkan sehingga temuan temuan yang kamu tulis tidak dapat terlupakan untuk selalu memulai.

  • Disiplin

Creative Thinker mempunyai kedisiplinan untuk terus menciptakan ide-ide baru. Sehingga tidak salah bahwa entrepreneur yang sukses juga merupakan bagian dari Creative Thinking.

Jadi mulai sekarang ini, saat ini, dan ini juga jadilah seorang yang Creative Thinker yang mampu menciptakan inovasi dari manapun. Biarkanlah idemu terus berkembang, bukan hanya sebatas khayalan saja tetapi harus bisa diwujudkan dengan keberanian. Karena semuanya tidak instan atau dapat dikatakan membutuhkan proses sampai menghasilkan sebuah hasil yang kreatif.

Baca juga :

Pentingnya Media Sosial Sebagai Keperluan Marketing

8 Tips Design Content Kamu Agar Terlihat Menarik

Sumber :

www.chub.fisipol.ugm.ac.id

Bagikan