Peluang Bisnis di Cookpad

Banyak yang masih belum familiar dengan platform berbagi resep bernama cookpad. Padahal, aplikasi ini cocok sekali bagi para ibu rumah tangga atau para pecinta masak untuk mendapatkan inspirasi menu masakan yang tidak itu-itu saja. Tidak hanya untuk saling berbagi resep masakan, platform cookpad pun juga bisa menjadi peluang bisnis yang bagus untuk brand makanan.

Selain berfungsi sebagai tempat komunitas bagi para pecinta masak untuk berbagi resep masakan, cookpad juga dapat menjadi peluang bisnis yang bagus terhadap produsen bahan makanan. Untuk saat ini, pasar terbesar Cookpad berada di Indonesia, diikuti oleh Spanyol, Argentina, Chile, dan Saudi Arabia.  Hal ini merupakan peluang yang bagus untuk memasarkan dan meningkatkan brand awareness terhadap produk yang ingin dipasarkan. 

Baca juga :

Cara Membangun Brand Sejak Awal

Buku One Million Followers by Brendan Kane

1. Meningkatkan Brand Awareness

Inspirasi terlahirnya cookpad sendiri berasal dari founder cookpad, Aki Sano, yang ingin membantu petani lokal untuk menjual hasil taninya. Petani tersebut mendapatkan kelebihan hasil panen dan banyak yang tidak terjual. Sano sadar bahwa para petani dapat mengetahui cara mengolah makanannya menjadi hidangan yang enak, sedangkan para customer tidak, sehingga dari celah itu, Sano mendapatkan inspirasi untuk membuat sebuah platform untuk berbagi pengetahuan tentang resep masakan.

Indonesia merupakan negara dengan market cookpad terbesar saat ini, hal ini bisa dijadikan peluang bagi produsen bahan makanan untuk meningkatkan awareness pada brand, seperti mengunggah kreasi resep masakan dari produk yang nantinya dapat menjangkau target market yang tepat.

Salah satu contoh brand yang memanfaatkan platform cookpad adalah Bihun AAA. Bihun AAA sebagai produsen bihun beras alami mengunggah kreasi-kreasi masakan bihun yang dapat menjadi inspirasi bagi para target customernya. Pebisnis juga bisa membuat ide-ide kreatif seperti kompetisi membuat resep.

2. Wadah untuk Personal Branding

Selain itu, cookpad juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk personal branding bagi para pecinta masak. Cookpad menggunakan user generated content sehingga kita dapat mengunggah hasil kreasi masakan kita sendiri. Cookpad merupakan tempat yang tepat untuk menarik audience yang memiliki minat terhadap apa yang Anda ingin bagikan, dalam hal ini seputar masak-memasak.

3. Menjalin Interaksi dengan Audiens bagi Influencers

Yang tak kalah penting, cookpad juga dapat menjadi tempat berinteraksi bagi para youtuber atau influencer yang berkancah di konten memasak. Menjalin interaksi dengan para followers merupakan hal yang penting untuk membangun citra positif dan nilai diri bagi para influencer.

Tampilan aplikasi Cookpad dan cara kerjanya yang simple juga memudahkan para penggunanya untuk berselancar di platform tersebut. Cookpad sendiri tidak hanya berperan sebagai tempat mencari inspirasi resep masakan tapi juga untuk berbagi resep kreasi. Jadi, apakah Anda tertarik untuk bergabung di Cookpad?

Bagikan