Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Platform media sosial mengalami perkembangan yang semakin pesat, mengingat teknologi sangat berperan penting dan tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia di era modern saat ini. Setiap tahun, keinginan publik berubah-ubah, lahir berbagai aplikasi baru dan tren global pun bermunculan. Hal tersebut memicu fluktuasi peringkat terhadap media sosial.

Perkembangan Media Sosial

Pada awalnya kita hanya berkomunikasi dengan saling berkirim kabar melalui surat. Namun kini dengan adanya media sosial, kita dapat membangun komunikasi kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun berada. Berdasarkan hasil riset data yang diterbitkan oleh We Are Social hingga Januari 2021, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 170 juta orang. Hal ini dapat diartikan bahwa sekitar 61.8% dari populasi penduduk Indonesia aktif di media social.

Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Diantaranya ada youtube hingga twitter merupakan yang paling digemari oleh users di Indonesia. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut 5 media sosial terpopuler di Indonesia

1. YouTube

Terhitung hingga Januari 2021. Youtube menduduki peringkat pertama yang sering digunakan di Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 93.7% dari total users media social di Indonesia. Bagaimana tidak? Media berbagi video yang lahir pada Februari 2005 oleh tiga mantan karyawan yang pernah bekerja di PayPal ini memungkinkan pengguna nya mengunggah, menonton, serta berbagi video yang mereka suka.

2. WhatsApp 

Ada di posisi kedua dalam media sosial yang memiliki banyak users di Indonesia. WhatsApp Messenger atau yang kerap kita sebut WA merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita untuk bertukar pesan secara gratis dan tanpa menggunakan pulsa. Hal ini dikarenakan WhatsApp Messenger hanya menggunakan paket data internet.

Baca juga : Kelebihan WhatsApp Bisnis dan Cara Memilikinya disini

Melihat riset dari data We Are Social, telah tercatat bahwa 87,7% users telah menggunakan Whatsapp. Ini artinya, lebih dari 149 juta users dari 170 juta pengguna media sosial di Indonesia.

3. Instagram

Berikutnya adalah instagram. Sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang diluncurkan pada Oktober 2010. Yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menggunakan filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial yang kemudian diakuisisi facebook di tahun 2014. 

Baca juga : 5 Fakta Unik Tentang Instagram disini

Hingga januari 2021 instagram telah memiliki pengguna berkisar 86.6% dari total users media sosial di Indonesia. 

Baca juga ; Instagram Ads: 5 Tips Optimasi disini

4. Facebook

Media sosial yang paling sering digunakan berikutnya adalah facebook. Sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Facebook merupakan aplikasi yang dapat dikatakan lengkap karena fitur ini menawarkan komunikasi dengan jangkauan yang luas. Membuat suatu grup, berbagi video, membuat jadwal bersama dan banyak fitur menarik lainnya.

Riset dari we are social pun turut memberi peringkat kepada facebook sebagai media sosial yang kerap di gunakan di Indonesia dengan presentase berkisar 85.5% yaitu sekitar 145 juta users di Indonesia.

5. Twitter

Dan yang terakhir di peringkat kelima adalah twitter, layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya dapat mengirim dan membaca pesan hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). 

Media social ini didirikan pada 2006 oleh Jack Dorsey. Sejak diluncurkan, Twitter masuk dalam kategori sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet. We are social pun mencatat ada sekitar 63.6% users di Indonesia dari 170 juta pengguna media social. 

Gimana, dari youtube hingga twitter yang merupakan social media paling digemari oleh users di Indonesia. Social media favorit kalian masuk 5 besar gak? 

Bagikan